Home >  Artikel >  Soccer
Piala Eropa

Ronaldo Masih Mandul, Portugal Terancam

Ronaldo Masih Mandul, Portugal Terancam
Pemain Islandia Aron Gunnarsson, berjabat tangan dengan pemain Portugal Cristiano Ronaldo usai pertandingan Grup F yang berakhir imbang 1-1 di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Ãntienne, 15 Juni 2016. (tempo.co)
Minggu, 19 Juni 2016 05:24 WIB
JAKARTA- Bintang Portugal Cristiano Ronaldo masih mandul saat timnya berlaga melawan Islandia dalam babak penyisihan Grup F Piala Eropa di stadion Parc de Princes, Paris, Prancis, Minggu, 19 Juni 2016 dinihari. Portugal dipaksa Islandia bermain imbang 0-0.Berdasarkan statistik, Portugal unggul 62 persen berbanding 38 persen dalam hal penguasaan bola. Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi penalti di laga ini dan golnya pun sempat dianulir karena offside.

Kedua tim bermain imbang 0-0 di babak pertama. Portugal menciptakan beberapa peluang, salah satunya saat Nani menyambut umpan silang dari hasil sepak pojok dengan sundulannya pada menit 29. Tapi bola membentur tiang.  

Di babak kedua, Portugal semakin gencar mengancam gawang Austria. Ronaldo sempat melapaskan tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit 55, tapi kiper Austria, Robert Almer, bisa menyelamatkan gawangnya.

Ads
Semenit kemudian Ronaldo kembali mengancam gawang Austria dengan sundulannya dari jarak dekat. Tapi lagi-lagi Almer bisa menepis bola itu.

CR7—julukan Ronaldo—kembali berpeluang mencetak gol di menit ke-65 melalui set piece. Namun tendangan bebas dari Ronaldo ini belum menghasilkan gol karena bola masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Portugal mendapatkan hadiah penalti dari wasit lantaran pemain Austria, Hinteregger, menjatuhkan Ronaldo di kotak penalti di menit 78.

Ronaldo dipercaya menjalankan eksekusi tendangan penalti itu. Dia melepaskan bola mendatar ke sudut kiri gawang. Tapi bola malah membentur tiang.

Malam ini tampaknya bukan malam Ronaldo. Di menit 85, dia menyambut bola lambung hasil tendangan bebas dengan sundulannya yang mengarah akurat ke sudut kiri gawang. Jala bergetar, tapi hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Gol dianulir.

Hingga laga usai, skor Portugal dan Austria masih sama seperti babak pertama: berakhir tanpa gol.

Portugal dalam Bahaya

Hasil itu membuat posisi Portugal dalam bahaya. Kini klasemen Grup F seperti berikut ini: 1. Hungaria: nilai 4, selisih gol 2

2. Islandia: nilai 2, selisih gol 0

3. Portugal: nilai 2, selisih gol 0

4. Austria: nilai 1, selisih gol -2.

Pada laga pamungkas, 22 Juni mendatang, Hungaria akan melawan Portugal sedangkan Islandia melawan Austria.

Melihat posisi klasemen dan jadwal Portugal dalam kondisi yang cukup terancam. Rumania hanya cukup meraih hasil seri atas Ronaldo cs untuk lolos. Bahkan bila kalah mereka masih mungkin melaju sebagai tim urutan ketiga terbaik (satu dari empat tim). Portugal mau tak mau harus menang untuk bisa lolos.

Islandia juga cukup diuntungkan karena akan melawan Austria yang bisa dianggap sebagai tim terlamah di grup ini. Kemenangan di laga pamungkas akan memastikan tim debutan itu melaju ke babak 16 besar.***

Editor : sanbas
Sumber : tempo.co
Kategori : Soccer
www www