Home >  Artikel >  Soccer

3 Fakta Unik Jelang Euro 2016

3 Fakta Unik Jelang Euro 2016
Ilustrasi
Jum'at, 10 Juni 2016 23:47 WIB

Piala Eropa atau dikenal dengan Euro Cup 2016 sebentar lagi sudah memasuki babak kick off dan penyisihan. Para kontestan akan bersaing demi meraih kemenangan. Sejumlah pemain bintang berusaha menampilkan permainan menarik demi negaranya.

 

Dari beberapa pertandingan yang akan berlangsung di Perancis, ada beberapa fakta unik dari tim nasional yang akan bertanding habis-habisan demi meraih juara. Berikut, diantaranya :

Pemain Tertua

Sebagaimana dilansir dari laman resmi UEFA ada tiga pemain tertua pada Piala Eropa kali ini dengan penghitungan usia rata-rata hingga 1 Juni 2016 yaitu :

1. Gabor Kiraly (Hungaria)

Kiraly jadi pemain paling tua di ajang Piala Eropa nanti seiring hari lahirnya yang terjadi pada 1 April 1976. Pengalaman kiper gempal ini sangatlah kaya. Memulai karier di klub lokal, Haladas, pada 1993 silam, Kiraly mengembara di Eropa. Pemilik tinggi 1,9 meter ini sempat berpetualang di Liga Jerman hingga Liga Primer Inggris dalam kurun waktu 1997-2015. Saat ini, dia kembali ke kampung halamannya untuk memperkuat Haladas.

2. Shay Given (Republik Irlandia)

Kiper bernama lengkap Shay John James Given ini lahir pada 20 April 1976. Meski lahir di Republik Irlandia, tetapi kualitas Given sangatlah digandrungi klub-klub Liga Primer Inggris. Tercatat, Blackburn Rovers, Sunderland, Newcastle United, Manchester City, Aston Villa, dan Middlesbrough, pernah tercatat jadi pengguna jasanya. Kini, sejak 2015 silam Given tercatat sebagai kiper klub Liga Primer Inggris lainnya, Stoke City.

3. Gianluigi Buffon (Italia)

Pemain sekaligus kiper tertua ketiga di ajang Piala Eropa 2016 ini adalah kapten timnas Italia. Ia lahir pada 28 Januari 1978. Sarat pengalaman dan prestasi, sosok Buffon masih belum tergantikan oleh kiper mana pun di Italia.

Andai Kiraly atau Given nanti benar-benar tampil, keduanya akan mengungguli rekor milik striker Jerman, Lothar Matthäus, sebagai pemain tertua di Piala Eropa. Bomber legendaris Tim Panser itu dulu mencatatkan umur 39 tahun 91 hari ketika dimainkan melawan Portugal pada Piala Eropa 2000. Sedangkan pencetak gol tertua di ajang ini adalah Ivica Vasti?. Pada Piala Eropa 2008, dia membuat gol untuk Austria kontra Polandia dalam usia 38 tahun 257 hari.




Ads
Editor : Arif
Sumber : Okezone
Kategori : Soccer
www www