JAKARTA - Babak semifinal Liga Eropa sudah dimulai Jumat dinihari WIB. Wakil Inggris Liverpool secara mengejutkan takluk 1-0 di kandang klub Spanyol Villarreal. Sedangkan pada laga lain, Shakhtar Donetsk (Ukraina) bermain imbang dengan tim asal Spanyol Sevilla.

Hasil selengkapnya:

Villarreal 1 - 0 Liverpool

Gol: Adrian Lopez (90).

Shakhtar Donetsk 2 - 2 Sevilla

Gol Shakhtar: Marlos (23), Taras Stepanenko (36)

Gol Sevilla:   Vitolo (6),  Kevin Gameiro (82/penalti).

Kedua tim akan kembali bertamu pada Kamis mendatang. Liverpool butuh kemenangan dengan selisih dua gol untuk bisa lolos. Sedangkan Sevilla hanya butuh hasil seri 1-1 atau 0-0 untuk bisa melaju ke partai puncak.

Tak Masuk Akal

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, menyebut kekalahan timnya itu tak masuk akal, terutama karena dipastikan oleh gol di saat injury time. "Tentu saja saya tak bahagia dengan gol yang tercipta di menit akhir," kata dia.

Klopp melanjutkan, "Sebuah (gol) dari serangan balik di menit ke-92 terasa tak masuk akal, sejujurnya. Saya tak punya kata untuk menjelaskannya. Harusnya tak masalah bila kami punya cukup pemain di kotak penalti. Kami tak punya cukup proteksi. Itu satu-satunya kesalahan besar kami dan mereka mencetak gol. Tapi itulah adanya, kami harus menerimanya. Tak masalah."

Tapi, ia belum putus harapan. "Kami tak beruntung. Tapi, ini baru leg pertama. Mereka harus datang ke Anfield dan mereka sudah tahu betapa kuatnya kami," kata pelatih asal Jerman itu.

Ia mengakui, awalnya menduga akan mendapat lebih banyak masalah di laga ini. "Kami bertahan dengan baik dan kini kami tahu lebih banyak. Kami memiliki momens kami dan kami memainkan sepak bola kami," kata Klopp. "Mereka tak bisa menahan kami. Persaingan belum usai."

Dalam laga kedua, Kamis minggu depan, Liverpool harus bisa menang dengan selisih dua gol untuk bisa lolos. Sedangkan Villarreal, yang kini menempati urutan keempat klasemen La Liga Spanyol, hanya butuh hasil seri untuk melaju.***