MANCHESTER - Real Madrid gagal memetik kemenangan di markas Manchester City. Kendati demikian, pelatih Madrid Zinedine Zidane mengaku tetap puas dengan hasil yang didapat timnya.

Bertanding di Stadion Etihad, Rabu (27/4/2016) dini hari WIB, Madrid bermain imbang 0-0 dengan si empunya rumah. Dengan demikian, kans kedua kesebelasan untuk lolos ke final masih sama besar. Penentuan akan dihelat di Santiago Bernabeu pekan depan, Kamis (5/5) dini hari WIB.

Di babak pertama, baik Madrid maupun City sama-sama kesulitan menciptakan peluang bersih. Bahkan, hingga 20 menit pertandingan berjalan, kedua kesebelasan sama-sama baru menorehkan 1 attempt (percobaan untuk mencetak gol).

Pertandingan berjalan lebih baik di babak kedua, kendati kedua tim baru menciptakan 1 attempts on target dalam 60 menit pertama. Namun, sejumlah peluang bagus berhasil diciptakan.

Madrid punya dua kans emas di babak kedua; satu dari Jese, satu lainnya dari Pepe. Jese mendapatkan kans untuk mencetak gol via sundulan, yang kemudian membentur mistar gawang. Sementara Pepe mendapatkan peluang lewat sepakan jarak dekat, yang kemudian diblok oleh kiper City, Joe Hart.

Sepanjang pertandingan, Madrid lebih banyak melepaskan attempts dibandingkan City. Madrid melepaskan 13 attempts (3 on target), sementara City membuat 4 attempts (1 on target).

"Saya puas dengan pertandingan ini, pertandingan yang tidak mudah. Kami menghadapi sebuah laga berat, tapi bertahan dengan baik --sepanjang pertandingan, tapi terutama di babak kedua," ujar Zidane seusai pertandingan.

"Kami punya beberapa kesempatan untuk mencetak gol. Dari sudut pandang jumlah peluang yang kami ciptakan di babak kedua, mungkin kami sedikit kecewa."

"Tapi, kami sudah bekerja keras, saya senang dengan hasil secara keseluruhan," kata pelatih asal Prancis ini.

Kondisi Ronaldo

Zinedine Zidane mengungkapkan kebugaran fisik menjadi alasan utama tidak menurunkan Cristiano Ronaldo melawan Manchester City pada leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu dinihari WIB. Laga itu akhirnya berujung dengan hasil 0-0.

Sehari sebelum pertandingan, Zizou mengatakan Ronaldo dalam kondisi 100 persen pulih namun pelatih asal Prancis itu hanya menurukan Benzema selama satu babak dan sama sekali tidak memainkan CR7.

"Ronaldo menderita sesuatu dalam latihan dan kami tidak ingin mengambil risiko. Dia tidak nyaman. Kami berpikir hari demi hari untuk memulihkan dia sesegera mungkin," kata Zidane kepada media olaharga Spanyol AS seperti dilansir dari Football Espana, Rabu.

"Mudah-mudahan dia bisa kembali (Rabu pekan depan). Kami percaya dalam melakukan kebenaran maka akan mendapatkannya kembali," kata Zidane

Benzema juga sedikit bermasalah dengan kebugarannya. "Benzema menderita tapi dia ingin bermain. Jadi kami menariknya setelah babak pertama dan kami juga akan melihat yang terjadi dengannya," kata Zidane.

Zidane pun memuji penampilan pemain muda, Lucas Vazquez, yang turun selama 90 menit untuk menggantikan posisi Ronaldo. "Semua pemain tahu bahwa mereka penting dan itu terbukti ketika Cristiano dan Benzema absen ada orang lain yang bermain dan melakukannya dengan baik, itulah mentalitas tim ini," lanjutnya. ***