JAKARTA - Real Madrid secara mengejutkan berhasil menundukkan Barcelona 2-1 dalam lanjuta La Liga Spanyol, di Camp Nou, Minggu dini hari WIB. Trio penyerang Barca, Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez, yang dikenal dengan Trio MSN, tak ada yang mencetak gol di laga itu.

Satu-satunya gol Barca diceploskan Gerard Pique. Tapi Madrid mampu mebalikkan keadaan lewat gol Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo. Sebelum gol Ronaldo, Madrid harus kehilangan Sergio Ramos yang mendapat kartu merah. Dalam laga ini Gareth Bale juga sempat membobol gawang Barca, tapi golnya dinyatakan tak sah.

Pelatih Barcelona Luis Enrique mengatakan tak mau mencari alasan atas kekalahan itu. "Kami memiliki pemain terbaik ddan mereka harus bepergian untuk aga internasional. Kami harus terima itu," kata dia.

Enrique mengatakan tetap senang dengan sikap pemain di laga itu. "Kami bisa menang, atau seri, tapi Madrid lebih efektif pada akhirnya. Saya tentu tak senang dengan hasil ini. Tapi apa yang terjadi pada kami hal biasa dalam sepak bola," kata dia.

Ia menilai timnya mampu mendoninasi tapi mengalami masa transisi sulit pada 15 menit akhir pertandingan. "Ini kekalahan yang menyakitkan di Camp Nou, tapi kekalahan akhirnya harus terjadi suatu hari. Ini adalah sepak bola," kata Enrique.

Barcelona kini masih unggul tujuh angka dari Real Madrid dalam klasemen dan terpaut enam angka dari Atletico Madrid. "Saat ini sangat penting untuk melangkah ke depan dan bersiap untuk Liga Champions," kata Enrique. Barca akan melawan Atletico Madrid di Camp Nou dalam laga pertama babak perempat final Liga Champions, Selasa nanti.***