JAKARTA - Kekalahan memalukan Liverpool dari tuan rumah West Ham United dengan skor 2-0 di Upton Park, London, membuka rangkaian pertandingan pekan ke-20 Liga Utama Inggris, Sabtu.

Kekalahan ini memastikan tak berlanjutnya kebangkitan tim itu yang terjadi dalam dua laga sebelumnya. Kekalahan itu makin menyakitkan karena, Andy Carroll, mantan pemain Liverpool, menjadi pencetak gol kedua ke gawang Simon Mignolet yang memastikan kemenangan tim besutan Slaven Bilic atas Pasukan Merah.

Pada laga lain di Stadion Emirates,London, Arsenal meraih kemenangan penting atas penghuni papan bawah klasemen Newcastle United. Kemenangan 1-0 yang diperoleh berkat gol semata wayang dari bek Laurent Koscielny, cukup memberikan tim asuhan Arsene Wenger itu nafas tambahan di puncak klasemen.

Terlebih lagi, kemenangan Arsenal berbarengan dengan hasil imbang tanpa gol yang diderita Leicester City meski bermain melawan 10 pemain Bournemouth.

Kombinasi kedua hasil itu membuat Arsenal nyaman bertengger di puncak klasemen dengan koleksi 42 poin, terpaut dua poin dari Leicester (40) di peringkat kedua.

Sementara itu, tahun baru juga seolah memberikan harapan baru bagi Manchester United (33) yang meraih kemenangan perdananya dalam tujuh laga terakhir, usai menundukkan Swansea City (19) 2-1 di Stadion Old Trafford, Manchester.

Meski menang, spekulasi tentang ancaman pemecatan pelatih Louis van Gaal kemungkinan masih akan berhembus, kecuali Meneer dari Belanda itu bisa menjadikan kemenangan ini sebagai modal rentetan hasil positif sepanjang Januari.

Di laga-laga lainnya, Manchester City posisinya di tiga besar setelah mengatasi perlawanan tuan rumah Watford dengan skor tipis 2-1. City tetap di posisi ketiga klasemen dengan nilai terpaut satu dari Leicester.

Hasil pertandingan Liga Primer Inggris Sabtu hingga Minggu dini hari WIB:

West Ham United 2-0 Liverpool

Sunderland 3-1 Aston Villa

Leicester City 0-0 Bournemouth

Arsenal 1-0 Newcastle United

Norwich City 1-0 Southampton

West Brom 2-1 Stoke City

Manchester United 2-1 Swansea City

Watford 1-2 Manchester City

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 3 Januari:

20:30   Crystal Palace vs Chelsea

23:00   Everton vs Tottenham Hotspur. ***