JAKARTA - Fenomena bulan purnama supermoon salju akan terlihat di langit pada Ahad (9/2/2020) hingga Senin (10/2) pagi. Tentu saja hanya bisa disaksikan bila cuaca cerah.

Dikutip dari tempo.co, supermoon adalah peristiwa Bulan mengorbit pada jaraknya yang terdekat dengan Bumi sehingga terlihat lebih besar dan terang.

''Sepanjang malam, sejak maghrib sampai menjelang matahari terbit. Seluruh dunia bisa menyaksikannya,'' kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, Ahad (9/2) sore.

Dia menjelaskan, bagi orang pada umumnya, supermoon akan terlihat seperti purnama biasa. Kalau dipotret dengan teleskop dan dibandingkan dengan potret rata-rata purnama, baru akan terlihat bahwa purnama terdekat ukurannya lebih besar. 

''Itu sebabnya media menyebutnya "Supermoon','' kata Thomas sambil menambahkan, puncak purnama atau jarak terdekat dengan Bumi sebelum kemudian kembali menjauh, telah terjadi Pukul 14.33 WIB. 

Di Amerika, supermoon hari ini disebut sebagai Snow Supermoon. Ini nama yang diberikan untuk supermoon yang terjadi pada Februari karena bertepatan dengan puncak musim dingin. Tahun ini diperhitungkan ada empat kali fenomena supermoon dan yang Februari ini adalah yang pertama. ***