PANGKALPINANG - Rumah dinas Kapolres Pangkalpinang AKBP Iman Risdiono Septana dibongkar maling pada Rabu (9/10/2019). Pelakunya ternyata Briptu RA (23), ajudannya Kapolres Pangkalpinang. Dikutip dari detik.com, dalam aksinya itu, Briptu RA berhasil mencuri uang milik istri Kapolres sebanyak Rp100 juta.

Rumah dinas Kapolres Pangkalpinang yang dibongkar Briptu RA tersebut terletak di Jalan Merdeka V, Kelurahan Batin Tikal, Kecamatan Taman Sari, Pangkalpinang.

''Korbannya adalah pimpinan kami, Kapolres Pangkalpinang. Jadi kejadiannya di rumah dinas,'' ujar Kasubag Humas Polres Pangkalpinang Ipda Sianturi di Mapolres, Kamis (17/10/2019).

Briptu RA diamankan anggota Provos Polres Pangkalpinang setelah mendapat laporan dari korban pencurian dan berdasarkan bukti rekaman CCTV yang dipasang dalam kamar korban (istri Kapolres).

''Benar, yang bersangkutan kini sudah di sel,'' jelasnya.

Berfoya-foya

Uang Rp100 juta yang dicuri pelaku dipakainya untuk berfoya-foya.

''Dari hasil pemeriksaan, uang hasil pencurian dipergunakan pelaku untuk bersenang-senang di tempat hiburan,'' ungkap Ipda Sianturi.

Pelaku juga menggunakan uang tersebut untuk membayar cicilan mobil.

''Pelaku juga punya kredit mobil dengan angsuran sekitar Rp7 jutaan. Sedangkan penghasilan dari Polri tak sampai segitu jika berpangkat Briptu. Itu salah satu motif dari pelaku untuk melakukan aksi pencurian tersebut, '' jelas Sianturi.

Dari hasil penggeledahan di rumah pelaku petugas berhasil mengamankan uang tunai Rp39,4 juta, 1 buah celengan milik anak Kapolres yang diduga juga turut diambil, 1 buah tas laptop, amplop coklat yang bertulisan uang zakat dan 1 unit mobil Honda Jazz tahun 2013.

''Mobil pelaku pun kita amankan karena dari hasil pengakuan tersangka uangnya untuk kredit mobil, dua buah anak kunci serep kamar Kapolres, satu buah flashdisk isi rekaman CCTV aksi pelaku,'' tegasnya.

Informasi yang dihimpun detikcom, pelaku sudah berulang kali melakukan aksi pencurian di rumah dinas Kapolres Pangkalpinang, sejak Januari 2019. Terakhir aksinya terekam CCTV pada Rabu (9/10).

Uang yang dicuri pelaku merupakan milik istri Kapplres yang bekerja sebagai notaris. Tabungan anak Kapolres dan uang zakat ikut dicuri RA. ***