MAKASSAR - Sekitar 1.300-an warga Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah dievakuasi dari Wamena, Jayawijaya, Papua ke Jayapura. Dikutip dari republika.co.id, Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Mansur mengatakan, sekitar 1.300-an warga Sulsel yang dievakuasi dari Wamena itu ditampung di Asrama Lanud 751 Jayapura dan Rindam Jayapura. Sebagian lagi mengungsi di rumah keluarga dan kerabatnya masing-masing.

''Kondisi terakhir di Wamena sudah aman dan kondusif. Aktivitas masyarakat sudah mulai berjalan sejak hari ini,'' kata Mansur dalam keterangannya di Makassar, Senin (30/9).

Ia menjelaskan, warga yang keluar dari Wamena kebanyakan kaum ibu dan anak-anak yang trauma melihat kondisi rumahnya terbakar dan peristiwa yang terjadi. Sebagian warga Sulsel tetap memilih bertahan untuk menjaga rumahnya masing-masing.

Mansur menambahkan, Ketua BPD KKSS Jayawijaya di Wamena telah membuat posko dan dapur umum untuk melayani seluruh masyarakat di penampungan, baik yang ada di Kodim maupun Polres Jayawijaya. ***