KANFUR - Seorang pengantin wanita di Desa Rasoolabad di kota industri Kanpur, Uttar Pradesh, India, memutuskan membatalkan pernikahan gara-gara mempelai pria tak pandai berhitung. Dikutip dari poskotaews.com yang melansir The Sun, wanita itu meninggalkan upacara pernikahannya setelah calon pengantin pria gagal menjawab dengan benar pertanyaan sederhana yang diajukannya, ''berapa 15 ditambah 6?'' Pengantin pria menjawab, ''17''.

Jawaban yang salah membuat pengantin wanita bingung. Ia harus menentukan meneruskan pernikahan atau dibatalkan. Pada akhirnya, gadis ini memilih membatalkan pernikahannya.

Mohar Singh, ayah pengantin wanita, setuju dengan keputusan anaknya. Ia juga menyalahkan keluarga pengantin pria karena dianggap tak terbuka tentang tingkat pendidikan putra mereka.

''Keluarga mempelai pria menyembunyikan informasi tentang pendidikannya yang buruk,'' katanya, ''Anak-anak saja dapat dengan mudah menjawab pertanyaan itu.''

Melihat calon istrinya pergi, pemuda itu membujuk untuk kembali melanjutkan pernikahan mereka. Namun perempuan itu sudah berbulat tekad untuk membatalkannya. Wanita ini mengatakan tak akan menikahi pria yang berbohong tentang tingkat pendidikan yang diraihnya.

Pihak berwenang setempat kemudian dipanggil ke tempat kejadian untuk menengahi situasi antara kedua keluarga. Kedua keluarga pun sepakat untuk mengembalikan semua hadiah dan perhiasan yang diberikan sebagai imbalan atas pernikahan itu.

Meski begitu, ini bukan upacara pernikahan aneh pertama yang dilihat Uttar Pradesh. Bulan lalu, seorang pengantin wanita dari kota yang sama menikahi salah satu tamu pernikahannya setelah pengantin prianya menderita kejang dan pingsan di tempat.

Keluarga mempelai pria ternyata tak pernah mengungkapkan bahwa celon pengantin pria adalah penderita epilepsi. Ketika dia sedang dilarikan ke rumah sakit, pengantin wanita tidak membuang waktu untuk menemukan pelamar berikutnya. Dia melanjutkan untuk meminta seorang tamu untuk menjadi suaminya.***