JAKARTA - Sebuah video memperlihatkan seorang siswa SMA menenggak minuman (miras) dalam ruang kelas saat guru megajar, viral di media sosial. Akun Instagram @lambe_turah termasuk yang mengunggah video tersebut. Dikutip dari liputan6.com, dalam video berdurasi 16 detik itu ditampilkan suasana kegiatan belajar-mengajar dalam kelas. Seorang guru tampak sedang memberikan materi. Namun, di saat bersamaan terlihat dua siswa asyik bercanda, salah satunya bahkan diduga menenggak miras.

''Kaya gitu biar apa coba, mau piral? Duh minceu miris liat perilaku anak2 jaman now. Tolong @kemdikbud.ri ditindak pak. Kejadian di salah satu sma di jakut,'' tulis postingan @lambe_turah.

Menanggapi hal itu, Kepala Suku Dinas Pendidikan (Disdik) 2 Jakarta Utara, Momon Sulaeman mengatakan, pihaknya telah memanggil kepala sekolah di bawahnya. Sudin Pendidikan 2 Jakarta Utara sendiri membawahi 38 SMA dan 16 SMK.

''Saya sudah tanya-tanya, dan keliling tapi belum ada yang menandakan terjadi di Jakarta Utara,'' ucap Momon saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (21/8/2019).

Hingga saat ini, Momon mengaku belum menemukan di mana lokasi sekolah yang ada dalam video siswa diduga menenggak miras itu. Dijelaskan, Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara terbagi menjadi dua.

''Kasudin 1 mengawasi 3 kecamatan begitupun Kasudin 2. Saya belum memastikan itu terjadi di mana,'' ujarnya.

Merasa Prihatin

Terlepas dari itu, Momon merasa prihatian atas peristiwa tidak beretika di lingkungan sekolah tersebut.

''Kita tidak henti-henti melakukan pembinaan. Baik pada siswa maupun guru. Kasus ini pun menjadi pembelajaran bagi kami untuk meningkatkan pengawasan,'' kata Momon.***