GIANYAR - Dua bule asal Ceko, yakni Sabina Dolezalova (22) dan Jdenek Slova (25), dianggap melakukan tindakan tidak sopan karena membasuh bokong menggunakan air suci pura. Atas ketidaksopanannya itu, kedua bule tersebut diharuskan menjalani hukum adat berupa menghadiri upacara di Pura Beji, Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (15/8).

''Iya sudah selesai dan sudah damai dan clear dan tidak ada apa-apa lagi,'' kata Kapolsek Ubud Kompol Nyoman Nuriana saat dikonfirmasi, seperti dikutip dari merdeka.com.

Saat mengikuti upacara Guru Piduka atau permohonan maaf serta penyucian pura yang dilakukan warga adat setempat, dua bule juga ikut sembahyang, meminta maaf atas perilakunya yang tidak sopan.

''Istilahnya kalau orang Bali sudah buat banten (sarana upakara) dan mohon maaf dia, dan sudah selesai,'' ujarnya.

Seperti yang diberitakan, dua bule tersebut melakukan tindakan yang tidak sopan dengan menggunakan air suci dari pelinggih di kawasan Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, untuk mencuci pantat. Aksi tersebut di-posting di akun sosial media miliknya.

Kemudian pada Sabtu (10/8), video tersebut viral. Dalam video, pemeran perempuan berjongkok sambil membuka rok. Kemudian yang laki-laki mengambil air yang mengucur dari pelinggih dan membasuh ke pantat perempuan bule itu.***