MADIUN - Warga Dusun Sawahan, Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, menemukan mobil Daihatsu Xenia berwarna putih, berpelat nomot B 1685 VKN di area pekuburan, Senin (29/7/2019) pagi. Dikutip dari bisnis.com, Kepala Desa Dagangan, Rudi Pamcawidi, mengatakan, mobil beserta pengemudinya berada di tempat pemakaman itu mulai tengah malam hingga Senin pagi. Pertama kali yang menemukan mobil tersebut adalah penjaga makam.

Rudi mengaku lupa nama pengemudi mobil tersebut. Namun, pengemudi yang usianya sekitar 25 tahun itu merupakan warga Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan.

Saat ditanya, pemuda itu mengaku tidak sadar hingga dirinya bisa terjebak dalam areal kuburan di Dusun Sawahan. ''Kalau menurut pengakuan pengemudi mobil itu, dia masuknya tadi malam sekitar pukul 24.00 WIB. Katanya mau pulang ke rumah,'' kata dia.

Pengemudi mobil itu rencananya mau pulang ke rumah setelah berwisata dan berfoto-foto di Benteng Pendem atau Benteng Van Den Bosch di Ngawi. Namun, pemuda itu tidak mengetahui saat bangun sampai di tengah kuburan.

Saat ditemukan, kata Rudi, kondisi pengemudi mobil seperti orang yang kebingungan. Pemuda itu bercerita sebelum sampai di kuburan, ada sesosok kakek-kakek yang mengajaknya.

Sesampainya di areal pemakaman, pemuda itu kemudian membuka pintu mobil dan duduk di nisan kuburan, yang dikiranya sudah sampai rumah. ''Dikiranya sudah sampai rumah. Kemudian dia tidur di situ sampai pagi,'' ujar dia.

Keberadaan mobil yang tiba-tiba berada di makam itu pun membuat geger masyarakat. Warga mengira orang itu sedang melakukan pertapaan di kuburan.

''Sekitar pukul 09.00 WIB, pengemudi mobil dijemput oleh saudaranya. Warga pun membantu mengeluarkan mobil itu dari areal pemakaman,'' kata dia.***