Home >  Artikel >  SerbaSerbi

Tumor Hilang, Kantong Aman Berkat JKN - KIS

Tumor Hilang, Kantong Aman Berkat JKN - KIS
Senin, 08 Juli 2019 11:40 WIB
MEDAN - Rachel Nadya (21) adalah seorang mahasiswi tingkat akhir jurusan Administrasi Bisnis di Politeknik Negeri Medan yang mana diumurnya yang terbilamg masih muda ini sudah merasakan penyakit tumor yang bersarang di tubuhnya.
Tumor FAM (Fibroadenoma Mammae) merupakan salah satu jenis tumor jinak yang paling umum terjadi di payudara yang penyebabnya belum diketahui pasti. Fibroadenoma berbentuk bulat dengan batas tegas dan memiliki konsistensi kenyal dengan permukaan yang halus, serta ukurannya dapat membesar pada masa kehamilan.

Tumor jinak ini biasanya tidak terasa sakit dan mudah bergeser saat disentuh. Penderita Fibroadenoma kebanyakan adalah wanita berusia 15-35 tahun.

“Awalnya saya merasa heran dengan keadaan payudara saya. Mengapa bisa ada benjolan? Oleh karena itu, untuk lebih memastikan kalau ini bukan kanker, maka saya memeriksakannya ke Rumah Sakit Bunda Thamrin. Hasil menyatakan bahwa saya terkena tumor jinak yang bernama FAM,” ujar Rachel, begitu biasa disapa.

Ads
Dua minggu setelah pemeriksaan Rachel langsung melakukan operasi pengangkatan tumor tepatnya pada tanggal 12 Desember 2018 lalu. Seperti yang diketahui, biaya operasi umum tidaklah murah, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, dengan adanya BPJS Kesehatan Rachel merasa terbantu. Segala biaya administrasi dan biaya-biaya lainnya ditanggung.

“Prosenya sih gampang cuma emang ngantrinya agak lama, saya sih ngeliatnya berarti banyak yang pakai KIS untuk berobat, berarti Program ini banyak yang menggunakan, dan pasti mereka merasa terbantu dengan program ini,” tambah Rachel.

“Terima kasih kepada Program JKN-KIS yang telah mempermudah biaya pengobatan saya. Menurut saya Program ini merupakan salah satu program unggulan dari pemerintah yang dirasakan langsung oleh masyarakat dan saya berhaharap pelayanan program ini semakin ditingkatkan untuk kedepannya. Melalui program ini, masyarakat tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya untuk berobat. Sebab itu, sudah sepatutnya seluruh masyarakat ikut serta dalam program ini dengan mendaftar dan rutin membayar iuran setiap bulannya,” tutup Rachel

Editor : Fatih
Kategori : SerbaSerbi
www www