Meski sarana dan prasarana untuk moda transportasi pesawat terbang sudah sangat maju di Indonesia, pasti ada saja di antara kamu yang belum pernah naik pesawat terbang. Nah, jika tiba waktunya bagi kamu untuk akhirnya bisa mengecap pengalaman naik pesawat terbang untuk pertama kalinya, beberapa hal di bawah ini jangan sampai kamu lupakan. Pancaragam transportasi tersedia buat kita yang ingin melakukan perjalanan jauh maupun dekat. Jika mau melakukan perjalanan jauh dengan waktu tempuh yang singkat, pesawat terbang bisa menjadi pilihanmu. Untuk dapat tiketnya, kamu bisa beli di sini. Namun, tidak semua orang pernah atau sering naik pesawat. Berbagai hal harus dipersiapkan sebelum terbang. Tak hanya prosedur tiket, barang bawaan yang bisa masuk kabin pun perlu kamu ketahui aturannya. Nih, simak beberapa hal yang harus jadi perhatian kamu kalau nanti bakal ngerasain pengalaman terbang naik pesawat!

1. Siapkan Tiket dan Dokumen Identitas Diri

Kalau bicara booking tiket, di masa ini, kamu enggak perlu keluar banyak daya dan upaya untuk bisa mendapatkan tiket ke destinasi yang kamu inginkan. Sebelum ke bandara, pastikan juga kamu bawa KTP, paspor, dan visa jika dibutuhkan. Jangan sampai lupa sama hal-hal ya!

2. Perhatikan Ketersediaan Kuota Bagasi

Kalau kamu sudah familiar dengan perjalanan udara, seharusnya kamu paham bahwa beberapa maskapai penerbangan Indonesia sudah menghilangkan kuota bagasi gratis. Nah, kalau enggak ada kuota bagasi gratis, kamu yang bawa koper dan perabotan segala rupa bakal amsyong karena harus bayar biaya bagasi yang enggak murah. Biar enggak kena amsyong, kamu pastikan kuota bagasi ya sebelum berangkat ke bandara.

3. Jangan Sampai Salah Terminal

Cek kembali tiket pesawat yang telah kamu beli. Perhatikan bandara mana dan terminal berapa yang harus kamu datangi. Jangan sampai salah terminal ya! Nanti kamu bisa ketinggalan pesawat!

4. Datang 2 Jam Sebelum Boarding

Perhatikan jam boarding pesawat kamu. Biasanya 30 menit sebelum jam keberangkatan. Datanglah satu atau dua jam sebelum jam tersebut. Ada beberapa hal yang harus kamu urus dan kadang kala membutuhkan waktu yang cukup banyak. Jika kamu datang mepet maka bisa jadi kamu bakal ketinggalan pesawat. Enggak mau kan?

5. Jangan Bawa Barang-Barang Aneh

Sebelum berkemas, sebaiknya pahami dulu barang-barang apa saja yang boleh masuk kabin pesawat dan yang tidak boleh. Beberapa barang yang tidak boleh masuk kabin adalah benda tajam, semacam gunting maupun pisau. Korek api ataupun rokok elektronik, sebaiknya diletakkan di bagasi. Daripada harus menyerahkannya secara suka rela pada petugas bandara.

6. Check In dan Tunggu

Kamu harus lakukan check in di loket sesuai maskapai yang akan kamu tumpangi. Setelahnya tunggu di di dekat gate yang sudah ditentukan. Ingat, jangan dengerin musik terlalu kencang karena kamu harus simak pemberitahuan dari pengeras suara, siapa tahu penerbanganmu delay atau pindah gate.

7. Jangan Panik, Santai Saja

Ketika kamu sudah harus masuk ke pesawat, pastikan kamu duduk di kursi yang nomornya sesuai dengan yang tertera di tiket kamu. Enggak lama, bakalan ada peragaan instruksi keselamatan, kamu harus perhatikan lekat-lekat. Pahami beragam hal mengenai keselamatan yang disampaikan oleh pramugara atau pramugari. Jika sudah tiba waktunya lepas landas, jangan panik, rasanya hanya seperti saat naik jet coaster sebentar kok. Jika kamu bukanlah orang yang religius, dijamin kamu akan mendadak relijius. Namun, ingat jangan berlebihan. Para penumpang lain enggak bakalan suka jika tiba-tiba kamu teriak “Allahuakbar!” tiba-tiba.

Tujuh hal di atas niscaya akan membuat pengalaman pertama kamu terbang naik pesawat antigagal. Oke, selamat mengudara~.