BUKITTINGGI - Mobil Kijang Innova bernomor polisi BA 1751 BP, bermuatan sepuluh orang, jatuh ke jurang sedalam 100 meter di kawasan PLTA Batang Agam, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Ahad (9/6/2019). Dikutip dari liputan6.com, akibat kecelakaan tersebut, seorang penumpang dilaporkan meninggal dunia serta tujuh penumpang mengalami luka berat dan ringan. Sedangkan dua penumpang lainnya belum ditemukan. Tim SAR masih mencari dua korban yang hilang tersebut.

Koordinator Lapangan Basarnas Kabupaten Limapuluh Kota, Hunter saat persiapan jelang pencarian korban di lokasi kejadian, Senin (10/6/2019), mengatakan pihaknya membentuk tiga tim yang akan membantu melanjutkan pencarian.

Dua tim akan difokuskan melakukan pencarian menyusuri sungai, mulai dari titik jatuh mobil hingga ke aliran sungai bagian bawah sekitar air terjun menuju Payakumbuh.

Ia menjelaskan berdasarkan informasi yang didapat dari kerabat korban yang selamat, korban yang hilang merupakan nenek dan cucunya yaitu Mulyati (56) dan Deva (6).

Saat musibah itu terjadi Mulyati mengenakan pakaian berwarna orange dan cucunya mengenakan pakaian berwarna biru tua.

Kepada tim yang melakukan pencarian ia berpesan agar tidak melakukan pencarian dengan tergesa-gesa.

Tim juga diminta mewaspadai kondisi di aliran sungai dan saling mengingatkan jika terjadi perubahan mendadak pada debit air.

''Saat ini debit air cukup tinggi dan air berwarna keruh sehingga diharapkan kehati-hatian dan saling mengingatkan,'' katanya dikutip Antara.

Sementara, pencarian korban kecelakaan mobil juga dilakukan bersama tim gabungan lainnya dari BPBD Agam, BPBD Limapuluh Kota, Satpol PP Damkar Agam, Polres Bukittinggi, Kodim 0304 Agam, PMI, Bukittinggi Rescue Team dan lainnya.

Mobil Kijang Innova tersebut masuk jurang sedalam 100 meter pada Ahad (9/6) sekitar pukul 21.10 WIB dan diperkirakan terdapat 10 orang penumpang di dalamnya.

Delapan di antaranya telah berhasil dievakuasi dengan kondisi tujuh orang luka berat dan luka ringan serta satu orang meninggal dunia.***