PANDEGLANG - Karsinah (24), wanita muda yang tengah hamil delapan bulan, terlihat lemas di ranjang di ruangan Verlos Kamer (VK) Rumah Sakit Umum (RSU) Berkah Pandeglang, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2019). Dikutip dari suara.com, Karsinah dirawat di RSU Berkah setelah dirujuk dari Puksesmas Cikeusik. Karsinah dibawa keluarganya dari Kampung Sawah, Desa Leuwibalang, Kecamatan Cikeusik, ke Puskesmas Cikeusik karena mengalami pendarahan.

Keluarganya membawa Karsinah ke Puskesmas menggunakan tandu bambu dan kain sarung, melintasi jalan rusak sejauh 6 kilometer.

Karena Karsinah mengalami pendarahan, maka pihak Puksesmas Cikeusik merujuknya ke RSU Berkah.

''Sudah mulai membaik, tapi kata dokter kondisi bayinya lemah. Rencana hari senin akan dilakukan operasi sesar, meski baru berumur 8 bulan,'' kata Karsinah seperti dikutip bantenhits--jaringan suara.com.

Sementara, Direktur RSU Berkah Firmansyah mengatakan, Karsinah tiba di RSU Berkah pada pukul 20.00 WIB. Pihaknya sudah berusaha memberikan pelayanan secara maksimal. Saat ini, kondisi Karsinah beserta janin yang dikandungnya sudah kembali pulih.

''Sudah ditangani oleh dokter. Kondisi pasien dan janin saat ini sudah mulai membaik,'' katanya. 

Dituturkan Firman, operasi cesar terhadap Karsinah akan dilakukan Senin. Dari hasil USG yang sudah dilakukan diketahui berat bayi yang dikandungnya mencapai 240 gram.

''Rencananya hari Senin akan dilakukan cesar, karena umur janinnya baru 34 minggu,'' tandasnya.***