MATARAM - Dua warga negara Malaysia tewas setelah tertimpa tanah longsor di kawasan wisata air terjun Tiu Kelep, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Ahad (17/3) siang. Musibah Tanah longsor itu terjadi pasca gempa beruntun mengguncang Pulau Lombok. Dikutip dari merdeka.com, jenazah kedua warga Malaysia itu akan dipulangkan ke negaranya, hari ini, Senin (18/3).

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah saat memantau upaya evakuasi sejumlah wisatawan yang terjebak di Bayan, Lombok Utara, Ahad malam, memastikan semua urusan ditangani dengan sigap, tanggap, cepat dan tepat.

''Besok pagi (Senin) jenazah korban dipulangkan ke Malaysia,'' ujarnya saat berada di Puskesmas Bayan, seperti dilansir Antara.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, termasuk warga yang cepat tanggap dan begitu sigap menyusul terjadinya tanah longsor di lokasi wisata air terjun Tiu Kelep pascagempa bumi beruntun berkekuatan Magnitude 5,8 dan Magnitude 5,2.

''Saya ucapkan terima kasih atas tanggap dan sigapnya Kapolda NTB, Kepala Dinas di Pemprov NTB, Pemda Lombok Utara dan jajarannya, dokter, bidan, perawat dan warga yang membantu hingga tertangani dengan baik. Begitu juga jajaran TNI yang telah melakukan aksi cepat tanggap membantu masyarakat,'' ucapnya.

Dalam pemantauannya tersebut, gubernur mendapat laporan bahwa masyarakat yang menjadi korban luka-luka akibat gempa itu telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB. Seluruh pasien dipastikan telah mendapat perawatan maksimal dari para dokter dan perawat rumah sakit tersebut.

Dari laporan yang diterima gubernur, bahwa jumlah korban yang dirawat di Puskesmas Senaru dan Bayan sekitar 32 orang. Dari jumlah korban itu, sekitar tujuh orang yang dirujuk ke rumah sakit provinsi.

Selain itu, tiga orang dilaporkan meninggal dunia. Satu orang masyarakat Senaru dan dua orang lagi merupakan warga negara asing (WNA) asal Malaysia. Dari dua WNA itu, satu orang sudah dibawa ke RSUP untuk diautopsi. Sedangkan satu lagi masih dilakukan evakuasi di lokasi kejadian.***