SEMARANG - Para penumpang pesawat Lion Air JT 507 rute Semarang-Jakarta, yang telah sempat masuk kabin pesawat, mendadak kembali ke ruang tunggu, Senin (11/2) siang. Dikutip dari republika.co.id, sesaui jadwal, pesawat tersebut seharusnya lepas landas dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, dengan tujuan Bandara Internasional Soekarno- Hatta (Soetta), Cengkareng, pukul 13.05 WIB.

Namun pesawat Lion Air JT 507 ini tiba- tiba menunda jadwal penerbangannya, beberapa saat setelah para penumpang berada dalam kabin pesawat.

Otoritas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang membenarkan adanya penundaan penerbangan pesawat maskapai Lion Air ini. 

''Pada siang hari ini, pukul 13.05 WIB pesawat Lion Air JT 507 mengalami penundaan penerbangan rute SRG-CGK (Semarangg- Cengkareng-red),'' kata Pts General Manager PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Agus Sina.

Kendati tidak menjelaskan secara rinci apa penyebab penundaan penerbangan Lion Air JT 507 tujuan Bandara Soeta ini, namun Agus menegaskan permasalahan tersebut telah ditangani oleh pihak maskapai yang bersangkutan. 

''Saat ini kondisi cukup kondusif, penumpang pesawat telah kembali ke ruang tunggu untuk menunggu sampai diberangkatkan kembali, rencananya pada pukul 18.30 WIB,'' ungkapnya.

Pihak AP I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, lanjutnya, juga telah bekoordinasi dengan maskapai lion Air agar dapat memperbaharui informasi keberangkatan pesawat tersebut, melalui Flight Information Display System (FIDS).

Sehingga para penumpang bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait dengan penjadwalan ulang keberangkatan pesawat Lion Air tersebut.

Petugas Terminal Inspector dan Customer Service (TICS) pun turut  berkoordinasi dengan maskapai dan mengarahkan penumpang jika ingin pindah penerbangan ke maskapai lain ataupun melalukan refund.

''Selain itu juga petugas kami di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani juga telah membantu pihak maskapai untuk membagikan snack kepada penumpang yang akan menunggu penjadwalan ulang keberangkatan,'' jelas Agus.

Sementara itu, belum ada penjelasan resmi dari maskapai lion Air terkait dengan penundaan penerbangan pesawat JT 507  dari bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang ini.***