JAKARTA - Para penumpang pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-568 rute Jakarta-Yogyakarta, yang sudah sempat masuk kabin pesawat, terpaksa kembali ke ruang tunggu, karena pesawat mengalami ganggguan. Dikutip dari kumparan.com, peristiwa itu terjadi Ahad (9/12) pukul 19.08 WIB, ketika pesawat berada di apron.

Pihak Lion Air mengatakan gangguan pesawat diakibatkan auxiliary power unit, yakni alat yang menyediakan sumber energi pesawat saat mesin belum bekerja mengalami penurunan daya.

''Hal itu menyebabkan sistem pendingin dan listrik pada pesawat terganggu. Oleh karena itu, guna memastikan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan penerbangan, teknisi dan pilot segera melakukan pengecekan,'' kata Corporate

Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis.

Akibat penundaan tersebut, Lion Air mengganti pesawat untuk layanan JT-568 dengan armada Boeing 737-900ER registrasi PK-LJM. Penerbangan JT-568 diberangkatkan kembali pukul 20.40 WIB.

Pihak maskapai pun bersedia menanggung kompensasi keterlambatan seluruh penumpang berdasarkan ketentuan.

Lion Air juga memfasilitasi sesuai permintaan penumpang antara lain melakukan pengembalian dana atau perubahan jadwal berangkat menurut aturan yang berlaku.***