JAKARTA - Menteri ESDM Ignasius Jonan Dwi Soetjipto melantik Dwi Soetjipto sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) periode 2018-2022, Senin (3/12/2018) siang. Dikutip dari okezone.com, pelantikan berlangsung di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta. Dwi menjadi Ketua SKK Migas menggantikan Amien Sunaryadi yang telah habis masa jabatannya.

''Apakah Anda bersedia diambil sumpah menjadi kepala SKK Migas. Sumpah ini mengandung sumpah pada rakyat dan tanggung jawab kepada bangsa Indonesia,'' kata Jonan sebelum mengambil sumpah jabatan Dwi.

Dwi pun menyatakan kesiapannya untuk dilantik menjadi Kepala SKK Migas. ''Bersedia,'' tegasnya menjawab Jonan.

Segudang Prestasi

Mantan Direktur Utama (Dirut) Pertamina ini memiliki segudang prestasi dan pengalaman. Terutama, Dwi telah menjabat sebagai pemimpin di beberapa perusahaan.

Mengutip berbagai sumber, Jakarta, Senin (3/12/2018), Dwi Soetjipto memulai karier menjadi Direktur Penelitian dan Pengembangan (Litbang) PT Semen Padang pada 1995 hingga 2003.

Pria kelahiran Surabaya, 10 November 1955 ini juga sempat menjadi Direktur Utama di beberapa perusahaan besar, seperti PT Semen Padang (2003-2005), PT Semen Gresik (2005-2012), PT Semen Indonesia (2012-2014) dan terakhir di PT Pertamina (Persero) (2014-2017).

Dwi Soetjipto merupakan direktur utama BUMN pertama yang diangkat dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, berdasarkan prinsip meritokrasi.

Belum setahun dilantik, dirinya telah membawa Pertamina sebagai Best Downstream Service & Solutions Company. Bahkan, dirinya pun dianugerahi sebagai Asia Best CEO dalam Oil and Gas Awards 2015.

Usai tak lagi menjabat di perusahaan plat merah tersebut, Dwi Soetjipto aktif di lingkup sosial dan Pendidikan di beberapa universitas mulai dari Aceh-Makassar. ***