JAKARTA - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS/ASN) 2018 dibuka hari ini, Rabu (19/9/2018). Pendaftaran dilakukan melalui situs sscn.go.id. Dikutip dari tribunnews.com, banyaknya pendaftar yang akan mengakses secara serentak, maka ada kemungkinan server sscn.go.id down. Terkait hal itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memberikan saran tentang waktu yang tepat untuk melakukan pendaftaran CPNS 2018 di sscn.go.id.

Pendaftaran CPNS 2018 berlangsung selama dua minggu, Bima menyarankan, para calon peserta CPNS 2018 untuk mendaftar di hari-hari awal.

''Pendaftaran hanya dua minggu dan kami mengimbau para peserta itu mendaftarkan pada kesempatan pertama, tidak menunggu pada hari terakhir, seminggu pertama kosong, tiga hari terakhir semuanya daftar ya pasti akan terjadi traffic yang sangat padat,'' kata Bima.

Dilansir Tribun Style, calon peserta CPNS 2018 yang mendaftar di akhir waktu berpotensi terjebak pada kondisi  server  sscn.go.id yang down karena banyak yang mengunggah persyaratan.

Dengan kata lain, bila mendaftar di hari-hari awal, server sscn.go.id belum penuh.

Kemudian, mendaftarlah saat waktu sepi, misal pagi atau dini hari saat orang lain belum beraktivitas.

Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.go.id hanya bisa dilakukan ketika datanya telah masuk.

Diketahui, situs sscn.go.id merupakan satu-satunya portal resmi untuk pendaftaran CPNS 2018.

Melalui sscn.bkn.go.id, nantinya calon pelamar dapat melakukan login hingga mengunggah berkas lamaran.

Namun, tak menutup kemungkinan adanya kesulitan saat calon pelamar CPNS 2018 mengakses sscn.go.id. Akhirnya berdampak pada gagal unggahnya dokumen.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, BKN pun memberikan tips agar file yang diunggah dapat terunggah secara lancar.

1. Bersihkan riwayat pelacakan, cache, dan cookies.

2. Gunakan koneksi internet yang cukup stabil.

3. Gunakan koneksi internet yang menyediakan ruang bandwith cukup sehingga pengiriman file atau berkas tidak mengalami kendala.

Nantinya, di portal tersebut informasi perihal instansi yang membuka lowongan, formasi, jabatan, hingga persyaratan CPNS 2018 akan benar-benar disampaikan.

Untuk itu, BKN mengimbau calon pelamar untuk segera menyicil berkas umum persyaratan yang mungkin diperlukan untuk CPNS 2018.***