JAYAPURA - Tiga prajurit TNI tewas di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Kamis (19/7/2018). Ketiganya tewas setelah menenggak minuman keras (Miras) oplosan.

Dikutip dari sindonews.com, ketiga prajurit yang tewas itu adalah Praka Felix Lauren Rumbekwan, Pratu George Willyanto Ndiken dan Pratu Agustinus Hamok Warong. Mereka semat dirawat di RSUD Mulya Kabupaten Puncak Jaya.

Sementara dua prajurit lainnya yang juga ikut menenggak Miras oplosan tersebut, yakni Pratu Leonardo Sony Siloy dan Pratu Abdurab Ahek masih dalam perawatan dan dirujuk ke RS Marten Indey.

''Ya ada tiga prajurit TNi meninggal dunia akibat meminum minuman suplemen dicampur alkohol 70%,'' kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kol Inf M Aidi Nubic dalam keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Jumat (20/7/2018).

Kapendam mengatakan, dari informasi yang berhasil dihimpun kejadian bermula pada Kamis pagi sejumlah anggota TNi melaksanakan korve pembersihan di sekitar pos penjagaan. Selesai korve, sekelompok prajurit istirahat di saung-saung di belakang pos sambil minum dan makan ekstrafooding.

Diantara mereka ada yang mengonsumsi minuman kaleng suplemen yang dibeli dari warung di sekitar pos.

''Namun fatalnya akibat ketidaktahuan Prajurit ada yang berinisiatif atau coba-coba minuman suplemen dituang ke wadah kemudian dicampur dengan alkohol 70% (Ethanol) yang biasanya digunakan oleh Bintara kesehatan untuk membersihkan luka,'' timpal Kapendam

Setelah beberapa saat kemudian para korban tertidur. Saat dibangunkan untuk makan siang mereka mengeluh pusing dan mual dan kesakitan di bagian dada sehingga dilarikan ke RSUD untuk mendapatkan perawatan.

''Namun tiga dari lima prajurit yang dirawat akhirnya meninggal dunia,'' tandas Kapendam.***