JAKARTA - Kapal Motor (KM) Ramos Risma Marisi mengalami kecelakaan di Danau Toba, diantara Nainggolan, Samosir ke pulau Sibandang, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (22/6/2018) malam.

''Masih cek TKP (Tempat Kejadian Perkara),'' kata Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat saat dikonfirmasi Okezone mengenai kecelakaan KM Ramos Risma Marisi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kecelakaan kapal itu terjadi pada pukul 19.00 WIB. Saat insiden tersebut, kapal tengah membawa lima penumpang.

Dari lima korban, dikabarkan baru satu orang yang berhasil diselamatkan. Diduga, kapal tersebut mengalami kecelakaan karena mati mesin dalam cuaca hujan deras, angin kencang dan ombak besar.

Kecelakaan tersebut sebelumnya juga dibenarkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samosir Mahler Tamba. Menurutnya, kapal tersebut tersangkut keramba ikan dan ada dua orang yang mencoba menggeser kapal, namun satunya terseret arus.

''Satu orang lainnya berenang ke tepian dan melaporkan insiden itu kepada warga. Saat itu, perairan Danau Toba memang dilanda hujan deras, angin kencang dan ombak tinggi,'' ujarnya.

Kecelakaan kapal ini sendiri merupakan kejadian kedua kalinya. Sebelumnya, insiden tersebut menimpa kapal motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba pada Senin, 18 Juni 2018.

Kapal itu tenggelam saat berlayar dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, menuju Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun. Belum diketahui dengan pasti jumlah manifes penumpang di KM Sinar Bangun.***