NEW DELHI - Penerbang Angkatan Udara India, Komodor Sanjay Chauhan, menjadi perbincangan warganet karena aksi heroiknya. Sanjay nekat mempertaruhkan jiwanya demi menyelamatkan warga desa. Dikutip dari dream.co.id, Sanjay sengaja tidak menekan tombol darurat di pesawatnya yang bermasalah karena tak ingin pesawat itu jatuh menimpa pemukiman penduduk.

Dikutip dream dari Gulf News, awalnya Sanjay lepas landas dari Landasan Udara Jamnagar di Gujarat, India pada Rabu 6 Juni 2018. Pagi itu, Sanjay sedang menjalani latihan terbang.

Sekitar pukul 10.30 waktu setempat, tiba-tiba pesawat Jaguar yang dikendalikan Sanjay turun mengarah ke distrik Kutch.

Kolega Sanjay kemudian membagikan kisah sebenarnya. Veteran Angkatan Udara, Mayor Surendra Poonia, mencuit, ''Komodor Sanjay Chauhan meninggal saat Jaguar jatuh. Dia tak menekan tombol pelontar karena pesawat di atas pedesaan dan membahayakan banyak nyawa.''

Pesawat Sanjay ditemukan penduduk Desa Beraja di Mundra. Mereka kemudian melapor ke otoritas berwenang.

''Hari ini (Selasa pagi) sebuah pesawat Jaguar jatuh pada misi latihan rutin di Jamnagar. Pilot, Komodor Sanjay Chauhan menderita luka fatal,'' kata juru bicara Kementerian Pertahanan India, Letnan Kolonel Manish Ojha.

Pengadilan India meminta penyelidikan atas jatuhnya pesawat itu. Sementara di New Delhi, Menteri Pertahanan, Nirmala Sitharaman memulai sesi konferensi pers dengan penghormatan kepada Sanjay.***