JAKARTA - Pemerintah dituding sebagai dalang hilangnya foto pertemuan Amien Rais dan Prabowo Subianto dengan Habib Rizieq Shihab di Makkah dari media sosial Instagram (IG).

?Dikutip dari Okezone.com, menanggapi tudingan tersebut, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menegaskan bahwa pemerintah tidak tahu menahu persoalan hilangnya foto pertemuan tiga tokoh tersebut.

''Bapak Presiden lihat saja enggak, apalagi kemudian harus menghilangkan. Untuk kepentingan apa harus dihilangkan? Toh fotonya juga udah beredar ke mana-mana,'' kata Pramono di Kantor Seskab, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Menurut Pramono, tuduhan bahwa pemerintah sebagai dalang yang meminta dihapusnya foto tersebut di Istagram sama sekali tidak mendasar. ''Itu seperti menuduh kepada angin berlalu,'' ujar Pramono.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara juga menegaskan pemerintah tidak pernah meminta Instagram untuk menghapus foto pertemuan Amien Rais, Prabowo dan Habib Rizieq.

''Pemerintah dalam hal ini Menkominfo tidak pernah meminta instagram untuk take down dari foto orang yang sedang umrah di Makkah,'' kata Rudiantara.

?''Mungkin yang punya akun dia take down sendiri. Atau ada aduan dari komunitas atau masyarakat. Kan kita bisa centang tuh. Itu juga bisa. Tapi itu yang menetapkan nanti instagram. Yang pasti pemerintah, Kominfo tidak melakukan itu,'' katanya. ***