BREBES - Sebelas petani di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes,  Jawa Tengah, tertimbun tanah longsor, Kamis (22/2/2018) sekitar pukul 08.00 WIB. Longsor terjadi di kawasan hutan produksi milik perhutani BKPH Salem petak 26 RPH Babakan di Desa Pasir Panjang. Sementara itu, 14 petani berhasil menyelamatkan diri, meskipun mengalami luka-luka.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, longsor terjadi pada saat tidak hujan. Namun dalam beberapa hari terakhir, hujan turun cukup intens sehingga beban air tanah bertambah.

''Longsor dari perbukitan turun menuruni lereng mengikuti kontur tanah dan gravitasi sehingga menerjang sawah di bawahnya,'' ungkapnya, seperti dikutip dari kompas.com.

Korban luka-luka saat ini dirawat di Puskesmas Bentar Desa Pasir Panjang.

Aparat setempat, terdiri dari anggota TNI, Polri, BPBD, Camat Salem, PMI, SAR, dan relawan dibantu warga setempat masih berupaya melakukan evakuasi.

Material longsor yang tebal dan luas masih bergerak sehingga membahayakan petugas. Masyarakat dilarang berada di lokasi longsor untuk mengantisipasi longsor susulan.

Longsor juga menutup akses jalan provinsi antara Kecamatan Salem menuju Kecamatan Banjargarjo Kabupaten Brebes sehingga tidak dapat dilalui. ***