JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi hari ini, Selasa (20/2/2018), melantik 17 duta besar (Dubes) luar biasa dan berkuasa penuh RI. Pelantikan digelar di Istana Negara. Para duta besar yang dilantik tersebut adalah Ade Padmo Sarwoni Duta untuk ASEAN, Arif Havas Oegroseno Duta Besar untuk Jerman. Arief menggantikan Fauzi Bowo yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta. Fauzi Bowo didapuk Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Dubes untuk Jerman setelah kalah oleh Jokowi di Pilgub DKI.

Kemudian Djauhari Oratmangun Duta Besar untuk China, Hermono Duta Besar untuk Spanyol merangkap UNWTO atau The World Tourism Organization, Hersindaru Arwityo Ibnu Wiwoho Wahyutomo Duta Besar untuk Portugal, Iza Fadri Duta Besar untuk Myanmar, M Amhar Azeth Duta Besar untuk Moldova dan Marina Estella Anwar Bey Duta Besar untuk Bolivia.

Selain itu, ada juga Muliaman Darmansyah Hadad Duta Besar untuk Liechtenstein, Niniek Kun Naryatie Duta Besar untuk Argentina merangkap Paraguay, dan Uruguay, RP Pratito Soeharyo Duta Besar untuk Laos, Raden Mohammad Benyamin Scott Carnadi Duta Besar untuk Republik Fiji, merangkap Republik Kiribari, Republik Nauru dan Tuvalu, dan Rossalis Rusman Adenan Duta Besar untuk Sudan merangkap Eritrea.

Selanjutnya, Sinyo Harry Sarundajang Duta Besar untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Republik Palau, Sudirman Haseng Duta Besar untuk Kamboja, Sudjatmiko Duta Besar untuk Brunei Darussalam, dan Todung Mulya Lubis Duta Besar untuk Norwegia merangkap Islandia.

''Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat menjadi Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan seluruh peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bhakti saya kepada bangsa dan negara,'' ucap para Dubes secara serentak di hadapan Presiden Jokowi.

''Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melakukan dengan setia, segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhu dengan setia dalam menjalankan tugas yang diberikan kepada saya oleh jabatan Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh.''

Ke 17 Dubes itu diangkat berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 P 2018 dan Keppres Nomor 31 P 2018.

Menteri Kabinet Kerja yang hadir dalam acara pelantikan ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Hadir juga Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin.***