JAKARTA - Sekitar 130 atlet yang ikut mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang internasional diangkat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan formasi khusus oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). "Kita berharap dengan adanya motivasi baru ini para atlet tidak memikirkan lagi hal-hal terkait dengan apa pekerjaan mereka di masa depan. Jadi, formasi khusus PNS ini mereka telah ada kepastian di masa depannya," jelas Menteri PAN RB Asman Abnur di Jakarta, Kamis (18/1).

Menurut Asman, formasi khusus adalah langkah konsisten di tahun-tahun mendatang. Berbeda dengan formasi umum yang memakai tes dan lain sebagainya formasi khusus ini hanya tes TKB (Tes Kompetisi Bidang).

"Formasi khusus ini tidak seperti tes PNS biasa, meskipun tetap ada proses yang berjalan seperti pra jabatan dan sebagainya hingga penempatannya setelah pra jabatan. Insya Allah ini konsisten di tahun-tahun berikutnya sebagai suntikan motivasi di bidang atlet/olahragawan," paparnya.

Untuk penempatan tugas diserahkan sepenuhnya kepada pihak Kementerian Pemuda dan Olah Raga.

"Sementara menjadi atlet tentu juga menjadi pegawai di Kemenpora setelah dia tidak jadi atlet lagi maka bisa dia didistribusikan sebagai pelatih di seluruh kementerian/lembaga atau dispora yang membutuhkan," ujar Asman.

Ratusan atlet yang diangkat menjadi PNS adalah peraih medali di olimpiade dan paralympiade (medali emas, perak, perunggu) atau kejuaraan tingkat dunia lainnya. Peraih medali di ajang Asian Games (medali emas dan perak) dan peraih medali emas pada SEA Games tahun 2015 hingga 2017. ***