JAKARTA - Pasangan bersaudara R Budi Hartono dan Michael Hartono masih belum tergoyahkan sebagai orang paling kaya di Indonesia.

Sesuai daftar orang terkaya Indonesia 2017 yang dirilis majalah Forbes, kekayaan Budi dan Michael Hartono semakin menjauh dari pesaingnya dengan total mencapai US$32 miliar atau setara Rp432,99 triliun.

Harta kekayaan dua bersaudara ini bertambah US$17,1 miliar berkat harga saham PT Bank Central Asia Tbk yang meroket 50 persen. Hartono bersaudara tahun ini diketahui menambah porsi kepemilikan saham BCA dari 47 persen menjadi 55 persen.

Dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia, Forbes melaporkan jika harta kekayaan miliarder di Tanah Air terus semakin bertambah.

Dari 10 pemuncak daftar orang terkaya Indonesia, tercatat hanya satu miliarder yang kekayaannya menyusut. Kenaikan harta para miliarder ini rata-rata 10 persen berkat harga saham yang naik.

Kenaikan lainnya dipicu keterbukaan informasi dalam program pengampunan pajak (Tax Amnesty) yang membuat harta beberapa miliarder tercatat meningkat.

Tercatat total harta 50 miliarder terkaya Indonesia tahun ini mencapai US$126 miliar, naik US$ 99 miliar dibandingkan tahun lalu. Miliarder yang berada di posisi terbuncit tercatat mengantongi harta US$450 juta, naik US$30 juta dari tahun 2016.

Data orang terkaya Indonesia 2017 ini diperoleh dari informasi kepemilikan saham dan keterbukaan keuangan dari keluarga dan para individu, otoritas bursa saham, laporan keuangan, dan analis.

Nilai saham yang dipakai adalah harga pada penutupan perdagangan pada 17 November 2017. Sementara untuk perusahaan tertutup, perhitungan menggunakan data dari perusahaan serupa yang sudah berstatus publik.

Berikut adalah 10 orang terkaya Indonesia 2017 seperti dikutip dari laman Forbes.com:

1. R Budi Hartono dan Michael Hartono, harta kekayaan: US$ 32,3 miliar

2. Eka Tjipta Widjaja & keluarga, harta kekayaan: US$ 9,1 miliar

3. Susilo Wonowidjojo & keluarga, harta kekayaan: US$ 8,8 miliar

4. Anthony Salim dan keluarga, harta kekayaan: US$ 6,9 miliar

5. Sri Prakash Lohia, harta kekayaan: US$ 6,4 miliar

6. Boenjamin Setiawan 7 keluarga, harta kekayaan: US$ 3,65 miliar

7. Chairul Tandjung, harta kekayaan: US$ 3,6 miliar

8. Tahir dan keluarga, harta kekayaan: US$ 3,5 miliar

9. Mochtar Riady dan keluarga, harta kekayaan: US$ 3 miliar

10. Jogi Hendra Atmadja, harta kekayaan: US$ 2,7 miliar***