GALANG- Kencur biasanya hadir sebagai bumbu pecal yang biasanya disandingkan dengan kacang tanah, tapi warung Legian menjadikan kencur sebagai salah satu bumbu pokok untuk ayam penyet.

Meski kesannya tidak nyambung, tapi kehadiran sambal kencur itu menyumbang rasa yang berbeda terhadap ayam penyet. Rasanya unik dan memiliki tastenya tersendiri yang membuat penikmatnya jadi ketagihan.

“Cukup lama juga mengmix-kan kencur dalam sambal penyet. Agar rasanya bisa menyatu. Komposisinya harus pas, tidak boleh kencur yang terlalu menonjol, nanti dia bisa mematikan rasa yang lain,”terang Dian Oktavani, isteri dari Muhammad Ridho, pemilik Warung Legian Joglo yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan Lingkungan 1 Kota Galang Provinsi Sumatera Utara.

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal penyet kencur antara lain adalah  cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kencur. Dian memiliki  rahasia tersendiri dalam meracik sambal hingga rasanya benar-benar nendang di lidah.

Ada juga yang berani memadukan sambal penyet kencur ini untuk sambal mie lidi goreng. Selain ayam penyet sambal kencur, ada juga mie goreng kampung yang rasanya tidak kalah dasyat. Mie tersebut dipadukan bersama bakso, udang, ayam suir dan dibawahnya dialasi telur dadar.

Di wilayah masyarakat Sumatera Utara khususnya, mie lidi adalah santapan rakyat yang sudah ada puluhan tahun silam, tapi Legian membuatnya berbeda. “Artinya ini adalah resep lokal yang kita buat mewah dan beda,”tuturnya lagi.

Menu lainnya adalah nasi goreng kampung. Nasi goreng kampung dicampur dengan sayur kangkung dan ditumis bersama teri dengan menggunakan bumbu sambal kencur. Wow! Meski kedengarannya nyeleneh, tapi rasanya benar-benar sedap.

Untuk minuman ada juice serai. Serai dikombinasi dengan jeruk nipis yang membuat minuman ini menjadi segar dan melegakan tenggorokan. Warung legian buka pukul 10 WIB dan tutup hingga pukul 22.00 WIB.