JAKARTA - Kamis pagi, 17 Agustus 2017, para tamu undangan sudah hadir di lokasi peringatan HUT ke-72 RI di Istana Merdeka, Jakarta, sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba. Ketika Jokowi tiba, dia terlihat menyapa dan menyalami satu persatu tamu undangan yang hadir.

Dikutip dari republika.co.id, pada barisan pertama di mimbar utama, mantan Presiden SBY pun tampak hadir dan duduk bersama dengan tamu undangan lainnya. Saat Presiden Jokowi mendekati tempat duduk SBY, Jokowi pun langsung menyalami Presiden keenam tersebut.

Jokowi dan SBY kemudian saling cium pipi kanan (cipika) dan cium pipi kiri (cipiki). Keduanya tampak tersenyum saat saling menyapa.

Melihat keduanya saling menyapa, tamu undangan yang hadir dan menyaksikan pun langsung bertepuk tangan, sehingga terdengarlah gemuruh tepuk tangan. Usai upacara Hari Kemerdekaan selesai digelar, para tamu undangan VVIP kembali masuk ke dalam ruangan Istana Merdeka.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla kemudian berfoto dengan para mantan presiden RI yang hadir. Dalam foto yang beredar, Presiden Jokowi diapit oleh Iriana Jokowi di sebelah kanan dan Presiden kelima Megawati Soekarnoputri di sebelah kiri. Sedangkan, di kanan Iriana, tampak berdiri Presiden ketiga BJ Habibie.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) terlihat berdiri di samping kanan Megawati. Ia didampingi oleh istrinya Mufidah Kalla yang berdiri di samping kiri JK. Di sebelah Mufidah Kalla, berdiri Presiden keenam SBY dan diikuti Ani Yudhoyono di samping kirinya.

Seperti diketahui, selama ini hubungan antara Presiden Jokowi dan SBY memang tampak pasang surut. Hal ini dikarenakan perbedaan pandangan antara keduanya terkait beberapa hal.

Sangat Bagus

Mantan Presiden RI, BJ Habibie menyebut berkumpulnya para mantan presiden dalam acara perayaraan HUT ke-72 RI dan upacara detik-detik proklamasi di Istana Negara tahun ini sangat bagus sebagai simbol persatuan. ''Kan bagus toh persatuannya,'' kata BJ Habibie di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/8).

Pada kesempatan itu, pria bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie itu tampak datang dengan disertai cucunya. Sama halnya dengan tamu undangan lain, Habibie juga mengenakan pakaian adat yakni pakaian adat bugis lengkap dengan senjata adatnya.

Ia menjawab singkat pertanyaan wartawan terkait dengan aktivitas dan jamuan yang diberikan Presiden Jokowi di Ruang Resepsi Istana Merdeka Jakarta. ''Salaman,'' katanya singkat.

Habibie mengaku beramah-tamah dan bersalaman dengan dua mantan presiden yang lain yang juga hadir di acara tersebut yakni Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelumnya Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Istana menghidangkan beragam kuliner tradisional dalam perayaan atau resepsi HUT Kemerdekaan tahun ini. ''Berkumpulnya para presiden Republik Indonesia dalam Peringatan Kemerdekaan ke-72 ini menjadi hadiah istimewa bagi Indonesia,'' katanya. ***