BANDUNG Kegiatan memanjat batang pinang merupakan 'ritual' paling seru dan meriah setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI. Demikian juga pada peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI hari ini, kegiatan memanjat pinang diselenggarakan warga di berbagai tempat, termasuk di Jalan Merkuri Utara RT 05/03, Kelurahan Manjahlega, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dikutip dari sindonews.com, namun kemeriahan kegiatan memanjat batang pinang di Jalan Merkuri Utara itu berubah menjadi duka. Pasalnya, Icim alias Icin, salah seorang peserta panjat pinang tewas setelah terjatuh.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, peristiwa naas itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, Kamis. Awalnya, lomba panjat pinang memperebutkan sejumlah hadiah tersebut berlangsung meriah.

Sejak dimulai siang hingga sore, beberapa regu telah mencoba menaklukkan batang pinang yang dilumuri pelumas atau oli itu.

Menjelang sore, regu yang salah satu anggotanya adalah Icim berhasil mencapai puncak. Icin yang bertubuh kecil pun mulai meraih sejumlah hadiah. Tiba-tiba batang pinang setinggi 7 meter itu patah dan Icim pun terjatuh.

''Korban sempat dibawa ke RS Al Islam, Jalan Soekarno-Hatta, tetapi nyawanya tak terselammatkan,'' kata Kasubagg Humas Polrestabes Bandung Kompol Martaliana.

''Korban Icim mengalami patah leher akibat terjatuh dari ketinggian tujuh meter,'' sambungnya.***