JAKARTA - Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hadir pada upacara peringatan kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017). Megawati dan SBY sempat bersalaman dan saling menyapa. Momen itu diabadikan staf pribadi SBY, Anung Anindito.

Dalam foto yang diterima Kompas.com, SBY dan Megawati terlihat saling menatap satu sama lain saat bersalaman. Senyum tipis terpancar dari wajah keduanya.

Sementara anak Megawati, Puan Maharani serta istri SBY, Ani Yudhoyono, tampak tersenyum lebar menyaksikan momen tersebut.

Ini adalah kali pertama bagi SBY menghadiri upacara kemerdekaan di Istana Kepresidenan setelah lengser sebagai Presiden keenam RI.

Pada HUT RI tahun 2015 dan 2016 lalu, SBY lebih memilih merayakan kemerdekaan di kampung halamannya di Pacitan, Jawa Timur.

Sementara, Megawati juga tidak pernah hadir di Istana selama sepuluh tahun SBY menjabat. Namun, begitu SBY lengser dan digantikan Jokowi, Megawati tak pernah absen merayakan hari kemerdekaan di Istana.

Terakhir, pertemuan keduanya terjadi dalam suasana duka saat meninggalnya suami Megawati, Taufiq Kiemas, pada tahun 2013. SBY ketika itu memimpin upacara penghormatan terakhir kepada Ketua MPR itu.***