JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato pada sidang tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8). Dalam pidatonya, Jokowi mengakui, belum semua rakyat Indonesia menikmati kemerdekaan.

''Padahal, sudah 72 tahun Indonesia merdeka, tapi masih banyak rakyat yang belum sepenuhnya merasakan hal tersebut,'' kata Jokowi.

Karena itu, lanjut Jokowi, pemerintah berkomitmen membangun infrastruktur di wilayah tertinggal. Pemerataan ekonomi, tengah digenjot oleh pemerintah Jokowi-JK di tahun ketiga nya memimpin Indonesia.

"Manfaat pembangunan belum sepenuhnya merata, keadilan sosial belum sepenuhnya bisa kita wujudkan. Untuk itu di tahun ketiga masa kabinet kerja, pemerintah fokus pemerataan ekonomi yang berkeadilan. Kita ingin rakyat di kawasan pinggiran, kawasan perbatasan, pulau terdepan, kawasan terisolir merasakan hadirnya negara, merasakan buah pembangunan, merasa bangga jadi warga NKRI," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, keadilan sosial harus mampu diwujudkan secara nyata dalam kehidupan bangsa. Jokowi juga berkomitmen, pelayanan kesehatan dan air bersih serta transportasi yang baik harus bisa dirasakan seluruh rakyat Indonesia.

''Di perbatasan Papua bisa merasakan bangga Tanah Airnya, kita ingin rakyat Papua di pegunungan bisa menikmati harga BBM dan bahan pokok sama dengan saudara-saudara di wilyaah lain,'' sambung Jokowi.

Pakai Baju Adat

Presiden Jowi dan Wapres Jusuf Kalla menghadiri sidang tahunan MPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, mengenakan baju adat.

Saat Jokowi-JK tiba, langsung disambut oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Jokowi dan istri mengenakan pakaian adat Bugis dan JK mengenakan pakaian adat Jawa.

Sebelum masuk ke ruang sidang MPR, Jokowi-JK berfoto lebih dulu dengan para pimpinan MPR dan DPR. Terlihat di sana ada Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Juga terlihat hadir presiden kelima Megawati Soekarnoputri, presiden ketiga BJ Habibie, mantan Wapres Boediono dan istri alm KH Aburrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah. Para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK juga hadir.***