Para pria dan wanita tentu saja sangat khawatir dengan perut buncit. Selain dapat mengurangi penampilan seseorang, perut buncit juga merupakan faktor utama dari berbagai macam penyakit kronis. Hal ini karena perut buncit dapat menyebabkan penumpukan lemak disekitar perut, penumpukan lemak itulah yang dapat membuat berat badan bertambah semakin tak terkontrol atau yang biasa disebut denganobesitas.

Nah hal inilah yang dapat membuat tubuh terserang oleh berbagai macam penyakit, seperti jantung, diabetes dan lainnya. Lantas apa saja penyebab perut buncit pada pria dan wanita? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Penyebab yang pertama adalah jarang atau kurangnya berolahraga. Seperti yang kita ketahui olahraga adalah salah satu hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja olahraga juga dapat menurunkan berat badan.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang gemar mengonsumsi alkohol, mulailah untuk menghindari minuman yang satu ini, selain memabukkan dan mengganggu kesehatan.Kandungan kalori serta gula dalam alkohol juga dapat membuat perut semakin buncit serta dapat menyebabkan berat badan semakin bertambah. Tentu saja ini akan membuat tubuh semakin rentan terhadap penyakit, seperti gangguan pencernaan, diabetes, liver dan lainnya.

Penyebab perut buncit selanjutnya adalah terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak. Makanan berlemak seperti gorengan memang sangat disukai oleh semua orang. Namun makanan berlemak merupakan makanan yang sangat sulit dicerna oleh pencernaan manusia. Sehingga terlalu sering mengonsumsi makanan ini dapat menyebabkan timbunan lemak pada perut sehingga dapat menyebabkan perut buncit.

Penyebab selanjutnya adalah, ngemil yang  dilakukan pada malam hari serta dengan ditemani oleh film atau sinetron kesukaan kita. Namun ngemil sambil nonton TV merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Ini karena saat ngemil sambil nonton TV tentu saja membuat kita tidak sadar berapa banyak makanan yang telah kita makan. Tak hanya itu saja, pada malam hari tubuh memiliki aktifitas yang sedikit sehingga proses pencernaan pun tidak berjalan dengan sempurna. Tentu saja makanan yang Anda konsumsi akan menumpuk pada perut dan menyebabkan perut semakin membuncit.

Nah itulah beberapa penyebab perut buncit pada pria dan wanita yang perlu Anda ketahui, selain itu duduk terlalu lama, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan juga merupakan penyebab dari perut buncit.