Banyakperempuanpercaya ungkapan beauty is pain. Salah satunya dengan mengenakansepatu haktinggi sepanjang hari. Mereka rela merasakannyeripadatelapak kaki, demi mendapatkan kesan jenjang dan langsing dengan bantuan stiletto yang runcing.

Melihat fenomena ini seorang ahlipenyakitkaki di Newyork, Jackie Sutera angkat bicara mengenaibahayadan cara mengatasinya.

Dalam wawancaranya pada Coveteur, Jackie menyatakan jika penggunaan sepatu hak tinggi dalam jangka panjang dapat merusak kaki, pinggul, lutut dan punggung pemakainya.

" Ini terjadi karena saat tubuh berada dalamposisitinggi, berat badan bergeser maju kebolakaki kalian. Sehingga membuat lutut dan pinggul bergerak maju. Sedangkan punggung harus hyperextend mundur," ungkap Jackie.

Pilihan sepatu yang nyaman menjadi faktor yang penting bagi mereka yang menggunakan kekuatan ekstra pada kaki, seperti penari dan pelari. Kesalahan memilih sepatu bisa menyebabkan saraf-saraf terjepit,kukukaki rusak, patahtulangdan radang seperti fasciitisdan tendinitis.

" Itu rasanyasakityang tajam pada tumit dan pembengkakan di jaringan yang menghubungkan ke otot tulang," terangnya.

Untuk meminimalisir cedera, sebaiknya mengenakan sepatu kitten yang memiliki hak rendah atau block heels dengan tumit tinggi yang lebar. Namun, ditekankan Jackie jika harus tetap hati-hati saat mengenakannya.  Asosiasi Medis Podiatrik Amerika merekomendasikan ketinggian tumit 2 inci atau setara dengan 5,8 cm, bahkan kalau bisa di bawah angka tersebut. Kenakan dalam jangka waktu sebentar untuk berdiri dan berjalan," imbuhnya.

Meskipun sedang populer, sepatu yang runcing dan berbahaya sebaiknya dihindari karena membahayakan kaki. Namun jika kalian terpaksa harus mengenakannya, para ahli penyakit kaki merekomendasikan beberapa langkah sederhana untukmengatasi dampaknegatif high heels itu.

 

Misalanya menambahkan bantalan sepatu atau kertas yang disisipkan ke dalam sepatu. Selain itu, melakukan peregangan betis dan pergelangan kaki juga sangat penting dilakukan setiap hari. Ditambah dengan memanjakan kaki seperti melakukan pijat di dalam air es setibanya di rumah.

 

" Memakai sepatu commuter adalah kebiasaan bagus untuk kesehatankaki jangka panjang, meskipun kami tidak yakin kalian bisa melakukannya," tutup Jackie.