SIDANG- Isbat yang digelar Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) memutuskan 1 Syawal 1438 Hijriyah jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017. Keputusan itu ditetapkan usai hasil pengamatan di seluruh titik lokasi menunjukkan hilal berada di atas dua derajat.

Menteri Agama RI Lukman Saifudin. mengatakan, sudah ada 6 petugas Kemenag RI menyatakan sudah melihat hilal.

“Seluruh petugas menyatakan malam ini sudah masuk 1 Syawal 1438 Hijriah,” kata Lukman di ruang Auditoroum HM Rasjidi, Gedung Kemenag RI, Jakarta, Sabtu (24/6/2017).

Menag juga mengatakan, hari Minggu besok umat Islam akan merayakan Idul Fitri 1438 H dengan melaksanakan sholat Idul Fitri.

“Dan besok pagi kita semua sudah melaksanakan sholat Idul Fitri, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin,” pungkasnya.

Sebelumnya, sidang yang dimulai usai Maghrib itu, diawali dengan penyampaian laporan dari tim rukyah dan hisab terhadap pengamatan hilal di beberapa titik di Indonesia.

Hasil rukyat hari ini di Cakung, hilal terlihat dengan elevasi lebih kurang 4 derajat. Saksi-saksi yang melihat; Ustadz Muhammad Labib dan Ustadz H Ardian. Hilal juga sudah nampak di Kupang, NTT dan Gresik, Jawa Timur.