Sesuai dengan namanya, THR memang ditujukan untuk menutupi kekurangan dana dalam memenuhi kebutuhan hari raya yang tentu saja melonjak drastis. Maka dari itu setidaknya Anda sudah harus mempersiapkan rencana pengeluaran untuk keperluan hari raya.

Oleh karena itu, persiapkan rencana tersebut di dalam bentuk daftar belanja. Mulai dari libur lebaran Anda sudah bisa mempersiapkan kebutuhan apa saja yang harus dicatat. Selalu ingat prioritas kebutuhan dan jangan sampai menuruti keinginan, karena dengan menuruti keinginan, maka Anda bisa mengalami “kantong kering” pasca lebaran karena uang THR sudah habis, dan bahkan sangat mungkin jika Anda terlalu boros Anda harus menutupi minus belanja hari raya. Oleh karena itu fokuskan uang THR untuk keperluan lebaran dengan menggunakannya secara wajar dan tidak terlalu boros dalam berbelanja.

Prioritas bayar kewajiban

Tidak ada salahnya ketika Anda masih mempunyai hutang, prioritaskan dulu THR tersebut untuk setidaknya meringankan beban Anda. Momen ini sangat tepat jika Anda gunakan untuk mengurangi beban hutang karena uang THR tersebut merupakan dana yang terpisah dari anggaran Anda selama ini. Sebagai konsekuensi Anda tidak bisa belanja lebih banyak menjelang lebaran, akan tetapi Anda sudah meringankan kondisi keuangan dan ini sangat menguntungkan.

Untuk investasi

Strategi ketiga ini cocok bagi Anda yang memiliki kondisi keuangan yang baik dan sudah mempunyai anggaran cukup untuk lebaran. Selain itu, untuk mengikuti secara ini, Anda juga tidak memiliki beban kewajiban atau hutang lainnya. Jika Anda berada dalam kategori ini, berarti Anda adalah orang yang sangat beruntung karena bisa memanfaatkan uang Tunjangan Hari Raya untuk keperluan produktif. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda pilih adalah memulai atau mengembangkan investasi.

Ada banyak pilihan untuk berinvestasi mulai dari investasi emas, deposito atau reksadana. Bahkan dengan uang ratusan ribu saja, sekarang ini Anda sudah bisa memulai investasi untuk masa depan.

Tentu lebih baik jika Anda bisa memasukkan kebutuhan lebaran dalam anggaran tahunan. Faktanya kebutuhan lebaran relatif sulit untuk diprediksi. Jika Anda ingin mencobanya, salah satu mekanisme yang bisa dilakukan adalah dengan membuka tabungan khusus yang kita siapkan untuk keperluan lebaran tahun depan.