Memasuki 10 hari jelang lebaran, sebagian dari masyarakat Indonesia sudah melakukan persiapan untuk mudik. Jangan terburu-buru! Sudah kah Anda mempersiapkan rumah yang bakal ditinggali? Karena beberapa ancaman yang perlu dipikirkan adalah ancaman pencuri bahkan bahaya kebakaran.

Untuk itu sebelum rumah ditinggali mudah, beberapa tips berikut ini  wajib Anda lakukan.

Amankan aset dan berharga

Salah satu yang menjadi kekawatiran saat mudik dalam jangka waktu yang lama, adalah keamanan benda-benda atau barang-barang berharga yang ditinggalkan.

Sebagai solusi, coba gunakan Safe Deposit yang banyak ditawarkan oleh bank-bank terkemuka. Jangan lupa, baca terlebih dahulu FAQ dari penyedia layanan tersebut, sebelum Anda menanda tangani surat perjanjian.

Solusi lain adalah dengan menitipkan benda berharga  di Pegadaian. Selain lebih murah, jangka waktu penyimpanannya pun sangat fleksibel. Tak hanya surat-surat atau benda-benda berharga, kendaraan bermotor pun dapat di titipkan disana.

Lepaskan  semua aliran listrik pada peralatan elektronik

Banyak kasus kebakaran yang terjadi karena adanya hubungan arus pendek. Karena itu jika tidak mendapatkan orang terpercaya untuk menunggui rumah  atau berencana mudik lebih dari dua minggu, kosongkan saja lemari es dan matikan aliran listriknya.

Kebocoran gas, juga sering menjadi penyebab kedua kebakaran Karena itu, jangan lupa untuk melepaskan selang gas elpiji dari kompor sebelum berangkat mudik.

Titipkan rumah melalui tetangga atau pun petugas keamanan di wilayaha tempat tinggal. Meskipun hal ini tidak menjamin keamanan 100%, namun solusi ini masih banyak disarankan dan cara paling mudah untuk menjaga keamanan rumah kita.

Mintalah bantuan mereka untuk sesekali menghidupkan  lampu dirumah kita, agar rumah terkesan ada penghuninya.

Atau bisa juga memasang timer lampu dirumah sebelum berangkat mudik.

Kunci semua kamar yang biasanya ada barang berharga di dalamnya.

Pasang CCTV

Jika ada dana lebih, tidak ada salahanya memasang CCTV di rumah. Sekedar untuk berjaga-jaga jika ada hal terjadi yang tidak diharapkan.