Penyakit kista merupakan penyakit atau salah satu jenis tumor yang jinak. Dan bentuknya dari penyakit kista seperti kantung yang sudah berisi cairan, dan sebbenarnya penyakit kista ini adalah hasil dari ovalasi (pelepasan adanya sel-sel telur dari ovarium) yang biasanya terjadi pada setiap bulan dan biasnya penyakit kista ini akan menghilang dengan sendiri nya. Namun terkadang penyakit kista juga justru dapat berkembang biak dan bisa menjadi semakin membesar pada saat ovulasi dan hormon progesteron akan merangsang di dinding rahim kemudian akan membentuk sebuah “bantal” bagi embrio dimasa yang akan datang. Kemudian bantalan empuk tersebut terdiri dari pembuluh darah, jaringan lemak, dan juga kantung-kantung kecil yang berisi cairan.

Dan penyakit kista ini dapat juga berasal dari salah satu kantung tersebut misalnya pada jenis kista korpus luteum. Sedangkan besar kista yang dapat mengganggu kehamilann yaitu sekitar 15 cm dan ukurannya sangat cukup untuk meluruhkan rahim wanita. Dan dokter akan mengambil tindakan berupa operasi pengangkatan kista meskipun anda sedang dalam keadaan hamil. Dan biasanya operasi tersebut dilakukan dengan menjelang trimester 3. Jadi pemeriksaan kehamilan seharusnya dilakukan sedini mungkin sangatlah penting sekali guna untuk mendeteksi penyakit kista, jika diurut dari silsilah keluarga nya, ada ibu/ nenek yang sudah mengalami gejala yang serupa.

Dibawah ini merupakan Penyebab Kista diantara nya adalah :

Penyebab Kista pertama adalah faktor keturunan

Penyebab Kista kedua adanya siklus haid yang tidak teratur

Penyebab Kista yang ketiga perut yang buncit

Penyebab Kista yang keempat terjadinya menstruasi pada usia dini (11 tahun atau lebih muda)

Penyebab Kista yang kelima sulit hamil atau mandul

Penyebab Kista yang keenam adanya penderita hipotiroid

Penyebab kista yang ketujuh adanya kanker payudara yang sebelumnya pernah dialami dan menjalani kemoterapi (tamoxifen)

Pengobatan alami pada penyakit kista adalah :

Pengobatan alami lainnya adalah juga bisa menggunakan bahan lain seperti benalu teh. Bahan-bahannya adalah : Benalu teh 10 gram kering atau yang segar sebanyak 35 gram, temu manga 20 gram yang kering atau yang segar 40 gram,daun dewa 10 gram kering atau 35 gram segar, sambiloto 10 gram kering atau 30 gram segar.

Cara membuat ramuan obat alami penyakit kista adalah temu mangga ini dikupas kulitnya terlebih dahulu, kemudian dimemarkan, lalu dicuci dengan bahan-bahan yang lain dan kemudian direbus dengan air sebanyak 800 ml, hingga rebusa tersisa setengahnya saja, dan angkatlah. Jika sudah dingin, saringlah ramuan ini kemudian setelah itu diminum untuk sehari dua kali dan masing-masing takaran adalah 200 ml dan sebaiknya lakukan cara ini secara teratur guna sebagai penyembuhan.