Terjawab, Mengapa Semut Selalu 'Cipika-cipiki' Saat Berpapasan

Terjawab, Mengapa Semut Selalu Cipika-cipiki Saat Berpapasan
Ilustrasi
Jum'at, 10 Maret 2017 10:00 WIB
Anda pasti pernah melihat semut saat berpapasan dengan kawan-kawannya. Mereka selalu mempertemukan kepala atau 'cipika-cipiki'. Namun, tahukah Anda mengapa dan apa yang dilakukan semut dengan kebiasaan unik itu?Baru-baru ini para ilmuwan menemukan jawabannya. Ternyata, kebiasaan unik itu dilakukan sebagai bentuk komunikasi antara semut yang satu dengan lainnya. Semut menyampaikan sinyal kimia kepada teman satu sarang mereka dengan menransfer air liur atau trophallaxis.

" Banyak peneliti menganggap trophallaxis hanya sebagai sarana berbagi makanan. Tapi trophallaxis terjadi dalam konteks lain, seperti ketika seekor semut kembali bertemu dengan teman satu sarang setelah isolasi," kata Richard Benton, peneliti dari Center for Integrative Genomics di University of Lausanne, Swiss, sebagaimana dikutip Dream dari Science Daily, Kamis 9 Maret 2017.

loading...
" Oleh karena itu kami ingin melihat apakah pertukarkan cairan trophallaxis mengandung molekul yang memungkinkan semut untuk menyampaikan pesan kimia satu sama lain, dan bukan hanya makanan," tambah dia.

Ads
Berdasarkan laporan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal eLife pada 29 November tahun lalu, para ilmuwan menemukan bahwa cairan mulut semut kayu Florida (Camponotus floridanus) mengandung bahan kimia yang mungkin bisa membantu menyeragamkan aroma semut dalam satu koloni dan bahkan berdampak pada pertumbuhan larva mereka.

Untuk menemukan kandungan molekul itu, para peneliti harus mencari cara untuk mengumpulkan ludah semut. Tugas ini tidaklah mudah. Sebab, pertukaran cairan antara semut satu dengan lainnya terjadi sangat cepat dan sulit diprediksi. Sehingga, metode wait and see tidak bisa dilakukan dalam penelitian ini.

Untuk mendapatkan jawabannya, para ilmuwan memancing trophallaxis dari semut dengan memberi makan larutan gula dan untuk sementara mengisolasi mereka dari teman-temannya. Kondisi ini dilakukan agar semut lebih cepat berbagi ludah dengan temannya saat bertemu.

Editor:Sisie
Sumber:dream.co.id
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww