Korut Siarkan Angka Aneh Lewat Radio, Kode untuk Mata-mata?

Korut Siarkan Angka Aneh Lewat Radio, Kode untuk Mata-mata?
Ilustrasi
Rabu, 08 Maret 2017 13:43 WIB
Stasiun radio negara Korea Utara kembali menyiarkan deretan angka misterius pada hari Minggu, (5/3/2017). Deretan angka tersebut bisa jadi semacam pesan yang dikodekan untuk agen negara komunis itu, yang beroperasi di Korea Selatan.Pesan tersebut mulai disebarkan setelah tengah malam (waktu Seoul) oleh stasiun propaganda Korea Utara di Pyongyang. Berlangsung selama beberapa menit, pesan rahasia itu diulang hingga dua kali.

Pesan terenkripsi terakhir yang dikirim oleh Korea Utara terdeteksi pada 19 Februari lalu. Sementara pesan terbaru ini adalah yang ke tujuh selama 2017.

Penyiar dalam radio itu membahas 'tim eksplorasi 21' dan memberi perintah untuk membaca halaman buku matematika. Siaran itu berbunyi 'di halaman 924 angka 49, di halaman 14 angka 76, di halaman 418 angka 37', dan laporan halaman diikuti dengan angka lainnya.

Apa Artinya?

Ads
Menurut laman Yophannews, deretan angka terbaru tersebut sama sekali berbeda dari pesan yang terdeteksi pada bulan lalu. Pesan terbaru ini menandai ke-27 kalinya Pyongyang menyiarkan angka dienkripsi sejak Juni 2016.

Angka misterius sering digunakan oleh Korea Utara untuk memberikan misi kepada mata-mata yang beroperasi di Korea Selatan selama era Perang Dingin. Mata-mata Korea Utara bisa memecahkan kode angka itu untuk mendapatkan isi pesan yang sesungguhnya dengan menggunakan buku referensi.

Tetapi, banyak pejabat intelijen Korea Selatan yang meragukan cara tersebut karena dianggap sudah kuno. Banyak yang mengatakan siaran itu mungkin semacam strategi untuk memicu kebingungan di Korea Selatan.

Pyongyang pernah menghentikan siaran aneh seperti itu pada 2000, ketika Korea Selatan dan Korea Utara untuk kali pertama dalam sejarah bertemu.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww