CEO Dorna: Indonesia Berpeluang Gelar MotoGP 2018

CEO Dorna: Indonesia Berpeluang Gelar MotoGP 2018
Ilustrasi Sirkuit Jakabaring Palembang
Rabu, 15 Februari 2017 10:49 WIB
SEPANG, Malaysia - CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menyebut Indonesia memiliki peluang untuk menjadi tuan rumah balapan MotoGP 2018. Ezpeleta saat ini terus memantau perkembangan pembangunan Sirkuit Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan."Proyek di Sumatera Selatan terus berlanjut, pekerjaan di sana hampir selesai dan kami akan terus memantaunya," ujar Ezpeleta dikutip dari Speedweek, Sabtu (11/2/2017).

 Seperti diketahui, Indonesia saat ini memang tengah berusaha keras untuk bisa masuk dalam kalender MotoGP 2018. Sebelumnya Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, sudah bertemu dengan Ezpeleta pada 29 Oktober 2019.

loading...
Dalam kesempatan itu, Alex memperlihatkan desain Sirkuit Jakabaring yang dirancang oleh desainer sirkuit terkenal asal Jerman, Hermann Tilke. Beberapa sirkuit terkenal yang merupakan hasil karya Tilke di antaranya adalah Sepang (Malaysia), Shanghai (China), Sakhir (Bahrain), Chang (Thailand), Buddh (India), Yas Marina (UEA), dan Marina Bay (Singapura).

Ads
Sirkuit Jakabaring untuk tuan rumah MotoGP di Indonesia pada 2018 memiliki spesifikasi panjang 4,314 km, 14 tikungan (sembilan ke kiri dan lima ke kanan), delapan area tribune, dan berkapastitas 130 ribu penonton, serta menyediakan sirkuit gokar. Alex Noerdin menegaskan pembangunan Sirkuit Jakabaring pendanaannya murni dari investasi swasta tanpa adanya dana APBN maupun APBD.

Indonesia punya kesempatan besar untuk bisa masuk dalam kalender MotoGP 2018 karena Dorna berencana menambah jumlah seri dari 18 menjadi 19 atau 20 seri musim depan. Selain Indonesia, Thailand menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang juga berniat menggelar MotoGP.

Editor:Kamal Usandi
Sumber:bola.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww