Bus Wisata Terbalik di Taiwan, 32 Orang Tewas dan 12 Orang Terluka

Bus Wisata Terbalik di Taiwan, 32 Orang Tewas dan 12 Orang Terluka
Sebuah bus wisata yang mengangkut puluhan orang terbalik di sebuah ruas jalan di dekat Taipe, Taiwan, Senin (13/2/2017) malam sehingga 32 orang tewas. [reuters]
Selasa, 14 Februari 2017 12:36 WIB
TAIPE - Tiga puluh dua orang tewas akibat bus wisata yang mereka tumpangi terbalik di ruas jalan dekat Taipe, ibu kota Taiwan, Senin (13/2/2016) tengah malam.Rekaman televisi memperlihatkan, bus melewati keluar jalan melewati barikade beton dan kemudian terbalik.

Dinas Kebakaran Taiwan mengatakan, bus mengangkut lebih dari 40 orang, seperti dilaporkan Agence France-Presse, Selasa (14/2/2017).

Menurut kantor berita Taiwan, CNA, sebanyak 20 ambulans dan 200 petugas pemadam kebakaran dikirim ke lokasi kejadian dan mengeluarkan seluruh penumpang dari dalam bus.

Ads
Sebanyak 30 penumpang tewas di tempat kejadian perkara dan dua orang lagi menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit.

Dua belas penumpang lainnya terluka dan sedang dirawat intensif di beberapa rumah sakit di pinggiran Taipe.

Menurut petugas dan regu penolong, para penumpang berusia antara 20 tahun hingga 60 tahun, namun sebagian besar adalah turis berusia lanjut.

Biro Wisata Taiwan mengatakan, perjalanan wisata yang melibatkan puluhan orang itu ditangani Tieh Lien Hua Travel Agency.

Wisatawan baru kembali dari tur bunga sakura di Taichung.

Petugas dan badan pengelola perjalanan mengatakan, para wisatawan “sepertinya” dari Taiwan, namun untuk memastikannya petugas masih memeriksa kembali identitas mereka.

Seorang pejabat di Taipei, Tu Bing-cheng, mengatakan insiden itu terjadi di tikungan, sehingga bus terbalik dan itu mungkin karena kecepatan yang berlebihan.

"Jaksa harus mengunjungi tempat kejadian," kata juru bicara kabinet, Hsu Kuo-yung di televisi setempat kepada Reuters.

Kecelakaan tersebut merupakan yang terbaru yang melibatkan bus wisata di Taiwan.

Awal bulan ini, bus wisata Taiwan lain yang membawa wisatawan China menabrak sebuah jembatan di Taiwan selatan, melukai beberapa penumpang.

Taiwan dianggap sebagai salah satu teraman dunia untuk transportasi. Namun, sejumlah kritikus menilai standar keselamatan harus diperbaiki.

Tahun lalu, 24 wisatawan China juga tewas setelah bus wisata yang membawa mereka terbakar setelah supir bus membakarnya di kota Taoyuan. 

Editor:Kamal Usandi
Sumber:kompas.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww