Waduh! Hologram Surat Suara Pilgub Belum Sampai

Waduh! Hologram Surat Suara Pilgub Belum Sampai
Ilustrasi
Senin, 13 Februari 2017 14:22 WIB
SABANG - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang mengakui, hologram atau blangko yang akan ditempel pada surat suara pemilihan Gubernur Aceh di pilkada serentak (15/2/2017) belum tiba di Sabang, Aceh."Hologram yang ditempel di surat suara pemilihan Gubernur masih di Banda Aceh dan direncanakan hologram tersebut hari ini dikirim," kata Ketua KIP Kota Sabang Zainal Faizin di Sabang, Senin (13/2/2017).

KIP Kota Sabang juga menyampaikan, jika hologram tersebut tiba hari ini, maka petugas akan segera memeriksa dan menempelnya di surat suara pemilihan Gubernur Aceh. "Untuk surat suara pemilihan wali kota sudah siap semuanya dan surat suara akan didistribusikan secara bersamaan satu hari sebelum pemungutan suara berlangsung," ujarnya.

Menurut Zainal, surat suara pemilihan Gubernur dan Walikota direncanakan akan didistribusikan ke-65 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kota Sabang secara bersamaan satu hari sebelum pemilihan yakni, tanggal (14/2/2017). "Jika hologram untuk pemilihan Gubernur sudah dikirim, petugas segera menempelnya dan pilkada serentak di Sabang siap digelar," katanya lagi.

Ads
Terkait bilik suara, Zainal mengakui sedang disiapkan sejumlah petugas di lapangan dan direncanakan akan rampung segera rampung. Komisioner KIP Kota Sabang Muallim Hasibuan secara detail menyebutkan, jumlah pemilih tetap keseluruhan 24.634 lembar, ditambah 2,5% jadinya 25.280 lembar, kemudian ditambah lagi surat suara cadangan untuk antisipasi pemilihan ulang 2.000 lembar, jadi keseluruhan kertas suaranya yang KIP terima berjumlah 27.280.

Ia mengakui, surat suara tersebut dipastikan dalam keadaan aman. Pasalnya gudang tempat penyimpanan surat suara hanya ada dua kunci, sutau dipegang oleh KIP dan satu lagi oleh pihak kepolisian. "Semua lokasi TPS mudah terjangkau, jadi pendistribusian kertas suara ke-65 TPS di dua kecataman di 18 desa se-Kota Sabang satu hari sebelum pemilihan pilkada," ujarnya.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww