Kulit Mudah Berjerawat? Sebaiknya Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini

Kulit Mudah Berjerawat? Sebaiknya Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini
Ilustrasi
Sabtu, 11 Februari 2017 10:45 WIB
JAKARTA - Selama ini munculnya jerawat kerap dikaitkan dengan konsumsi makanan berlemak. Tapi ada juga makanan yang diyakini bisa mencegah jerawat.Kulit berjerawat tentunya terasa mengganggu, apalagi bagi wanita. Konsumsi makanan sehat dapat menjadi salah satu cara mengatasinya. Sebagai langkah awal, jauhi makanan manis dan camilan berlemak. Kemudian perbanyak makanan untuk melawan jerawat, seperti yang disarankan Today (11/2/2017) berikut ini.

1. Wortel

Kandungan vitamin A dan beta-karoten dalam wortel bisa membantu mengurangi jerawat dan mencegah bekas jerawat. Melalui cara mengurangi peradangan dan memicu pergantian sel (eksfoliasi alami). Ini juga membantu memperkuat pertahanan kulit melawan bakteri yang bisa menyebabkan kulit berjerawat.

Ads
Penelitian menemukan bahwa kadar rendah vitamin A terkait dengan tingkat jerawat yang lebih parah. Karotenoid juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari sinar matahari. Dalam pengolahannya, wortel bisa jadi camilan atau campuran sup hangat.

2. Biji labu

Pumpkin seed atau biji labu kaya akan fitonutrien, phytosterols dan mineral. Termasuk mangan, magnesium, tembaga, besi dan zinc. Zinc khususnya punya kemampuan antioksidan kuat dan telah terbukti bisa mengurangi produksi sebum yang dikenal sebagai penyebab jerawat. Biji labu bisa digunakan dalam granola, salad atau campuran muffin.

3. Teh hijau

Minuman yang bisa menghidrasi ini perlu ditambahkan dalam keseharian. Karena mengandung antioksidan untuk melawan jerawat. Dehidrasi bisa menyebabkan kulit seperti membengka dan lambat dalam respon terhadap pengobatan jerawat.

Hidrasi yang tepat bisa meningkatkan pergantian sel. Artinya Anda memiliki sel baru yang lebih sehat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Baik teh hijau dan teh hitam (tanpa gula) bisa membantu mengurangi inflamasi. Coba minum segelas teh hangat untuk memberi asupan antioksidan.

4. Tomat

Tomat sarat akan vitamin C dan bioflavonoid. Makanan ini baik untuk sistem kekebalan tubuh dan bagus bagi kulit karena punya kandungan antioksidan kuat. Antioksidan bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan peradangan (terkait dengan kemunculan jerawat). Untuk konsumsinya, tambahkan irisan tomat dalam salad dan olahan sayuran lainnya.

5. Salmon

Ikan ini kaya akan omega-3 atau asam lemak esensial yang berperan dalam mengatasi peradangan dan membuat kulit bersinar. Salmon juga membantu menjaga berat badan dan berkontribusi pada kesehatan mental.

Penelitian sebenarnya telah menunjukkan bahwa orang-orang yang pola makannya tinggi omega 3 mengalami pengurangan tingkat jerawat. Coba panggang salmon untuk hidangan utama atau tambah sebagai isian sandwich.

Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww