Lobster Juga Berdarah Biru, Ini 3 Fakta Menarik Lain Tentang Lobster

Lobster Juga Berdarah Biru, Ini 3 Fakta Menarik Lain Tentang Lobster
lobster
Jum'at, 10 Februari 2017 09:30 WIB
JAKARTA - Seafood yang berdaging tebal gurih ini ternyata punya darah biru. Juga ada fakta-fakta menarik lainnya tentang seafood enak ini.Lobster bisa disajikan dengan banyak cara mulai dari dikukus, panggang, bakar atau dibuat salad. jenis seafood ini disukai banyak orang dan diakui dalam dunia kuliner sebagai makanan terenak. Hewan laut ini juga punya beberapa fakta menarik seperti diberitakan oleh thedailymeal (8/2/2017) ini.

1. Berdarah biru

Darah biru ternyata bukan hanya istilah untuk bangsawan, lobster pun memilikinya. Darah biru ini ia dapatkan berkat kandungan hemosiasin tembaga yang banyak dalam tubuhnya. Selain lobster, siput dan laba-laba juga berdarah biru.

Ads
Anda tahu zat hijau dan biasa ditemukan di bagian tengah lobster? Pasta hijau yang sering digunakan di dalam creamy bisque dan kaldu lobster. Zat ini disebut tomalley atau mustard dan memiliki rasa seafood yang gurih pekat.

Pasta hijau tersebut ternyata adalah hepatopankreas, organ yang mengontrol fungsi hati dan pankreas pada mamalia. Termasuk penyerapan makanan serta produksi enzim pencernaan.

2. Berumur panjang

Lobster dapat hidup hingga 70 tahun, tidak beda jauh dengan manusia. Lobster pun tidak akan berhenti tumbuh sepanjang hidupnya. Lobster terbesar yang pernah ditangkap hampir seberat 22,5 kg.

3. Pernah dianggap makanan sampah

Sampai awal 1900 an, lobster biasa digunakan untuk pupuk atau umpan ikan. Sajian ini juga biasa jadi makanan tahanan penjara atau kelas masyarakat rendah dalam tingkat sosial.

Kemudian teknik pengiriman makanan muncul dan berkembang sehingga semua orang dapat menikmati lobster. Selanjutnya losbter terkenal sebagai makanan mahal yang mewah.

Berbeda dengan kepercayaan umum, lobster dapat merasakan sakit. Merebusnya hidup-hidup adalah cara terburuk membunuh lobster, karena butuh waktu 3 menit hingga lobster mati. Di beberapa negara termasuk Italia, merebus lobster dianggap ilegal.

Menusuk kepala lobster juga tidak membunuhnya, karena otak mereka mengandung ganglion yang membentang dalam ke tubuh mereka. Cara terbaik membunuh lobster adalah menggunakan CrustaStun, yang membuat mereka tidak sadar dengan aliran listrik dan membunuh mereka dalam 5-10 detik.

Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww