Bahaya Komplikasi Diabates yang Lebih Cepat Mengancam Nyawa

Bahaya Komplikasi Diabates yang Lebih Cepat Mengancam Nyawa
Ilustrasi
Jum'at, 10 Februari 2017 16:03 WIB
SEIRING perkembangan zaman yang semakin modern, penderita diabetes diklaim akan bertambah. Tapi yang harus diwaspadai yakni bahaya komplikasinya, karena lebih cepat mengancam nyawa.Dijelaskan Spesialis Penyakit Dalam dr Mulyani Anny Suryani Gult om, SpPD, penyakit diabetes sering mengakibatkan komplikasi. Bahkan, ketika terdiagnosa diabetes, Anda harus lebih berhati-hati menjaga gaya hidup.

"Diabetes tidak dapat disembuhkan, tapi malah menimbulkan komplikasi. Dari mulai stroke, terjadinya perdarahan mata yang menyebabkan kebutaan atau disebut diabetic retinopathy, sampai pada serangan jantung," ujarnya saat ditemui di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Tidak cuma itu, pasien diabetes juga sangat rawan dengan gagal ginjal. Ketika penyakit ini menyerang semua aliran darah tersumbat, apalagi saat kadar gula darah pasien sedang tinggi.

Ads
Penyakit diabetes juga mengakibatkan komplikasi bagian saraf. Pada awalnya tidak langsung jadi stroke, tetapi hanya terjadi gangguan saraf.

"Pasien diabetes bisa saja kena gangguan saraf, seperti tangan sering kesemutan atau kram," lanjutnya.

Lebih bahaya lagi, komplikasi akibat diabetes juga dapat membuat orang diamputasi. Itu karena pasien mengalami luka yang bisa membusuk dan memperburuk fungsinya.

"Gangguan luka di kaki juga sering terjadi. Awalnya lukanya kecil, lama-lama membengkak dan membusuk. Tentu harus diamputasi kalau terjadi seperti itu," tutupnya.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww