Hiii..Ternyata Ini Efek Radiasi Wi-Fi terhadap Kesehatan Anda

Hiii..Ternyata Ini Efek Radiasi Wi-Fi terhadap Kesehatan Anda
Ilustrasi
Kamis, 09 Februari 2017 15:27 WIB
KITA hidup di era internet, tidak ada cara untuk melarikan diri dari cengkeraman magis dunia digital.Kecanduan dunia digital ini difasilitasi dengan kehadiran Wi-Fi. Tapi, apakah Anda tahu bila radiasi Wi-Fi berbahaya bagi kesehatan?

Perusahan-perusahaan yang memproduksi Wi-Fi router harus mengikuti beberapa aturan ketat untuk melindungi kesehatan pengguna. Namun, kita juga perlu melakukan tindakan pencegahan dini akan bahaya dari radiasi.

Pertama, kita perlu memeriksa apakah router terhubung tanpa kabel. Perangkat nirkabel, seperti ponsel, tablet dan laptop dapat memancarkan sinyal WLAN (gelombang elektromagnetik). Loop sinyal-sinyal ini dapat membahayakan kesehatan kita dengan berbagai cara.

Ads
Sebuah studi telah menemukan, router dapat membahayakan kesehatan kita, serta memengaruhi pertumbuhan anak-anak, bahkan tanaman. Sama seperti sinyal nirkabel, radiasi elektromagnetik dapat menembus dinding. Jika router tidak dimatikan pada malam hari, maka Anda bisa terkena radiasi selama 24 jam.

Berikut ini adalah efek radiasi Wi-Fi terhadap kesehatan Anda seperti yang dilansir dari laman Boldsky:

1. Kurangnya konsentrasi

Peningkatan radiasi Wi-Fi dapat menyebabkan berkurangnya aktivitas otak. Hal ini pada akhirnya akan memengaruhi daya konsentrasi dan memori dalam jangka panjang.

2. Memengaruhi pertumbuhan sel

Tanaman dan manusia akan terpengaruh karena radiasi Wi-Fi. Sebuah penelitian menemukan, tanaman di dekat daerah radiasi tidak pernah tumbuh, dan ini terjadi juga pada sel-sel dalam tubuh manusia.

3. Kelelahan

Kelelahan kronis adalah salah satu efek buruk dari radiasi. Perasaan sering lelah dan kekurangan energi untuk melakukan tugas sehari-hari cukup sering terjadi dalam kasus ini.

4. Meningkatkan risiko serangan jantung

Hasil dari respon fisik terhadap gelombang elektromagnetik, seseorang akan mengalami peningkatan denyut jantung. Kondisinya mirip dengan detak jantung ketika seseorang di bawah tekanan. Pada akhirnya, kondisi ini meningkatkan risiko mengalami serangan jantung.

5. Insomnia

Terkena gelombang radiasi elektromagnetik memengaruhi otak kita. Hal ini dapat merusak pola tidur, sehingga waktu tidak teratur. Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan insomnia.

Mengurangi efek samping radiasi Wi-Fi

Lalu, setelah mengetahui dampaknya, tentu Anda akan bertanya, bagaimana cara menghindari atau mengurangi efek samping radiasi Wi-Fi? Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengurangi efek samping dari radiasi Wi-Fi.

1. Disconnect Wi-Fi

Sebelum pergi ke kamar tidur, pastikan Anda men-disconnect Wi-Fi. Hal ini langkah pertama yang tepat untuk mencegah radiasi di malam hari.

2. Jangan salah menempatkan router

Anda harus tahu tempat yang tepat untuk menempatkan router. Jangan menempatkan router di dapur atau kamar tidur, tetapi lebih baik di ruangan yang jarang digunakan anggota keluarga.

3. Mengurangi penggunaan dekat bayi

Lebih baik untuk benar-benar berhenti menggunakan Wi-Fi bila ada bayi di rumah. Karena, bayi lebih rentan mengalami gangguan pertumbuhan sel dan kerusakan lain akibat radiasi.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:SerbaSerbi
wwwwww